NTB dan Malaysia Jalin Kerjasama di Sejumlah Bidang

NTB dan Malaysia Jalin Kerjasama di Sejumlah Bidang
Foto: Ptl. Karo Humas dan Protokol Najamuddin Army (tengah) didampingi Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja Disnakertrans NTB, Abdul Hadi, Biro Kerjasama Lalu Ismunandar, Kadisnakertrans Putu Selly dan Perwakilan Dikbud NTB konpers dengan sejumlah media, Jumat (22/02) di Mataram

Mataram,- Pasca kemerdekaan Malaysia pada tahun 1957, Malaysia secara resmi menjalin hubungan diplomatik dengan Indonesia. Walaupun demikian, hubungan antarmasyarakat sudah terjalin lama jauh sebelum lahirnya negara Malaysia dan Indonesia, dengan bermodalkan semangat keserumpunan, kedua negara giat untuk meningkatkan kesepahaman , saling membantu, dan bekerja sama satu dengan yang lain.

Di tengah era tingginya rasa saling ketergantungan kedua negara, perlu ada peningkatkan berbagai kerjasama baik di bidang pendidikan, kebudayaan, pariwisata, investasi dan perdagangan yang ke depannya diharapkan dapat lebih berkembang, yang dapat meningkatkan perekonomian di kedua negara, serta bisa membuka peluang kerja lebih lebar.

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat berinisiatif untuk meningkatkan dan lebih mempererat hubungan Indonesia dengan Malaysia dengan memperkuat kerjasama antara lain di Bidang ketenagakerjaan.

“Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) masuk sebagai tiga besar Provinsi di Indonesia sebagai pengirim tenaga kerja ke Malaysia dan Pemerintah Provinsi NTB terus berupaya mengajak seluruh elemen untuk melindungi tenaga kerja NTB di Malaysia,” terang Kepala Biro Kerjsama Setda Lalu Ismunandar, Jumat (22/02) pagi saat jumpa pers dengan media yang dipimpin Plt. Karo Humas dan Protokol Najamuddin Army dihadiri Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja Disnakertrans NTB, Abdul Hadi, Kepala Dinas Perdagangan, Hj. Putu Selly dan Perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Selanjutnya kerjasama di Bidang pariwisata, berdasarkan data BPS katanya, beberapa tahun terakhir jumlah kunjungan wisatawan manca negara ke NTB melalui Malaysia tercatat sebagai yang tertinggi, ini diartikan bahwa malaysia merupakan hubungan yang penting dalam jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke NTB.

Sementara di Bidang Perdagangan kata Selly, Pemerintah Provinsi berupaya untuk memasarkan produk NTB dengan mengekspor secara langsung melalui expo atau pameran.

“Termasuk pengiriman langsung produk hasil pertanian di NTB terutama cabai,” tegas Selly.

Kemudian di bidang bidang pendidikan mengirim putra putri NTB sebanyak-banyaknya untuk belajar keluar negeri “Dan di bidang Kebudayaan yakni kegiatan pengenalan budaya memalui pertunjukan budaya,” ujarnya.