Soal Pilkada, HMI Mataram tegaskan tetap independen

Soal Pilkada, HMI Mataram tegaskan tetap independenReviewed by adminon.This Is Article AboutSoal Pilkada, HMI Mataram tegaskan tetap independenMataram (Detikntbcom),- Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Mataram membantah isu keterlibatan HMI dalam Politik praktis di pemilihan kepala daerah (pilkada) pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram tahun 2020. Ketua Umum HMI Cabang Mataram Andi Kurniawan menjelaskan bahwa, kader HMI tersebar banyak di berbagai kecamatan dan kelurahan di Kota Mataram. Namun keberadaan […]
Foto: Ketua Umum HMI Cabang Mataram Andi Kurniawan

Mataram (Detikntbcom),- Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Mataram membantah isu keterlibatan HMI dalam Politik praktis di pemilihan kepala daerah (pilkada) pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram tahun 2020.

Ketua Umum HMI Cabang Mataram Andi Kurniawan menjelaskan bahwa, kader HMI tersebar banyak di berbagai kecamatan dan kelurahan di Kota Mataram. Namun keberadaan HMI, itu sebagai oragnisasi kepemudaan dan kemahasiswaan yang bersifat independen.

“HMI itu organisasi independen, termasuk HMI Cabang Mataram. Itu sudah ada aturan internal, karena itu HMI tidak akan berpihak pada calon manapun dalam pemilihan Wali dan Wakil Wali Kota Mataram,” terangnya, Rabu (25/11/2020)

Lebih lanjut, Andi juga membantah pernyataan Ketua Korps Alumni HMI (KAHMI) Kota Mataram yang memberi statemen politik diberbagai media terkait arah dukungan pada Pilkada Kota Mataram.

“Saya dan teman-teman tidak pernah berdiskusi dengan Ketua KAHMI Kota Mataram soal Pilkada di Mataram, apalagi berkaitan dengan kriteria calon, jadi tidak benar itu HMI terlibat dalam diskusi dengan Ketua KAHMI Kota,” Tegasnya.

Sementara itu, Andi juga menjelaskan bahwa HMI dan KAHMI memiliki hubungan emosional sebagai senior dan junior, itu disebabkan karena yang menjadi alumni HMI adalah pernah menjadi anggota HMI. Namun hubungan tersebut tidak berarti memiliki hubungan struktural.

“kalau soal KAHMI, tentu itu bukan wilayah kami, itu urusan senior-senior. Tidak bisa HMI intervensi, begitu sebaliknya. Saya berharap senior yang membawa nama HMI ke politik praktis, segera untuk mengklarifikasinya, karena ini soal marwah organisasi HMI,” Paparnya.

Sebelumnya Ketua KAHMI Kota Mataram dibeberapa media, mengklaim bahwa telah berdiskusi dengan kader HMI dan KAHMI di Kota Mataram terkait Pilkada termasuk soal kriteria calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram, dan dalam media yang memuat pernyataan tersebut terpampang foto salah satu calon Wali Kota Mataram. (Iba)