Rumah Pintar Pemilu di NTB Diluncurkan

Rumah Pintar Pemilu di NTB DiluncurkanReviewed by adminon.This Is Article AboutRumah Pintar Pemilu di NTB DiluncurkanMataram (DetikNTB.Com),- Ketua Komisi Pemilihan Republik Indonesia (KPU RI), Arif Budiman bersama perwakilan Komisioner KPUD kabupaten dan kota di NTB meluncurkan Rumah Pintar Pemilu (RPP) di KPUD NTB. Rumah pintar Pemilu (RPP) digital ini menurut ketua KPUD NTB, Suhardi Soud, hanya ada 10 provinsi di Indonesia sehingga pihaknya berterima kasih kepada ketua KPU RI atas […]
Foto: Ketua KPU RI Arif Budiman bersama ketua KPUD NTB, Suhardi Soud dan sejumlah pejabat terkait memukul bedug sebagai tanda peluncuran Rumah Pintar Pemilu (RPP)

Mataram (DetikNTB.Com),- Ketua Komisi Pemilihan Republik Indonesia (KPU RI), Arif Budiman bersama perwakilan Komisioner KPUD kabupaten dan kota di NTB meluncurkan Rumah Pintar Pemilu (RPP) di KPUD NTB.

Rumah pintar Pemilu (RPP) digital ini menurut ketua KPUD NTB, Suhardi Soud, hanya ada 10 provinsi di Indonesia sehingga pihaknya berterima kasih kepada ketua KPU RI atas atensi dan apresiasinya terhadap KPU NTB.

Pihaknya mengatakan, KPU NTB dipilih oleh KPU RI sebagai salah satu KPU Provinsi yang mempelopori kehadiran RPP Digital. Di mana kehadiran RPP Digital tersebut, diharapkan masyarakat bisa lebih mudah mengakses beragam informasi sekaligus sebagai sarana edukasi pendidikan politik khususnya kepemiluan.

“RPP akan memberikan kemudahan bahwa pemilu tidak jauh tapi dekat dan mudah di akses,” tegas Suhardi Soud.

Menurut Suhardi, sebagai lembaga penyelenggara pemilu, KPUD NTB telah membuktikan menjadi salah satu penyelenggara pemilu terbaik di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan pemberian empat penghargaan yang diberikan oleh KPU RI kepada KPUD NTB atas prestasi pemilu 2019.

“Dari hasil evaluasi KPU RI, kami mendapatkan empat penghargaan, salah satunya transparansi dan integritas pemilu. Atas itu, tentunya kami berterima kasih dan apresiasi kepada KPU RI,” katanya.

Sementara Ketua KPU RI, Arif Budiman menjelaskan RPP sudah digagas oleh KPU sejak tiga tahun lalu, baik di KPU provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Hanya saja, pada pengembangannya RPP kali ini dirancang dari yang semula manual kini berubah ke digital.

“Kenapa digital, ini sekaligus menjawab tantangan zaman yang kian maju dengan teknologi. Mudah-mudahan dengan diluncurkan RPP digital ini dapat memberikan keberkahan bagi kita semua,” ujarnya.

Usai meluncurkan RPP berbasis digital, Arif bersama rombongan meninjau sejumlah ruangan yang ada di dalam gedung KPUD NTB yang nampaknya sudah banyak berubah dan berinovasi.

Dalam peluncuran RPP tersebut juga, KPUD NTB mendapatkan tanah hibah seluas 44 ha dari Kabupaten Lombok Timur untuk pembangunan kantor KPU Lombok Timur.

Pemda Lombok Timur mendukung sepenuhnya terselenggaranya pemilu damai di NTB yang bakal diselenggarakan dalam waktu dekat. (Iba)