Pilkada Serentak 2020 Resmi Ditunda, Dana Dialihkan Tangani Covid-19

Pilkada Serentak 2020 Resmi Ditunda, Dana Dialihkan Tangani Covid-19Reviewed by adminon.This Is Article AboutPilkada Serentak 2020 Resmi Ditunda, Dana Dialihkan Tangani Covid-19Jakarta (DetikNTB.Com),- Pemilihan kepala daerah 2020 resmi ditunda. Penundaan tersebut atas kesepakatan Komisi II DPR RI dengan Mendagri, KPU, Bawaslu dan DKPP hari ini, Senin (30/3) di Senayan Jakarta. “Melihat perkembangan pandemi Covid 19 yang hingga saat ini belum terkendali dan demi mengedepankan keselamatan masyarakat, Komisi II DPR RI menyetujui penundaan tahapan Pilkada Serentak 2020 […]
Gambar simbol Pilkada serentak 2020 (istimewa)

Jakarta (DetikNTB.Com),- Pemilihan kepala daerah 2020 resmi ditunda. Penundaan tersebut atas kesepakatan Komisi II DPR RI dengan Mendagri, KPU, Bawaslu dan DKPP hari ini, Senin (30/3) di Senayan Jakarta.

“Melihat perkembangan pandemi Covid 19 yang hingga saat ini belum terkendali dan demi mengedepankan keselamatan masyarakat, Komisi II DPR RI menyetujui penundaan tahapan Pilkada Serentak 2020 yang belum selesai dan belum dapat dilaksanakan,” jelas isi surat yang ditandatangani oleh ketua Ketua Komisi II, Ahmad Doli Kurnia dengan sejumlah pihak terkait, Senin (30/3) seperti diterima media ini.

Poin kedua dalam surat kesepakatan tersebut yakni, pelaksanaan Pilkada Lanjutan akan dilaksanakan atas persetujuan bersama antara KPU, Pemerintah dan DPR.

Dengan penundaan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, maka Komisi II DPR RI meminta Pemerintah untuk menyiapkan payung hukum baru berupa Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (PERPPU).

“Dengan penundaan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, Komisi II DPR RI meminta kepada kepala daerah yang akan melaksanakan Pilkada Serentak 2020 merealokasi dana Pilkada Serentak 2020 yang belum terpakai untuk penanganan pandemi Covid 19,” demikian isi surat point’ ke-empat dalam kesepakatan tersebut sebut. (Iba)