Pembahasan Tatib DPRD NTB Diyakini Akan Selesai Cepat

Pembahasan Tatib DPRD NTB Diyakini Akan Selesai CepatReviewed by adminon.This Is Article AboutPembahasan Tatib DPRD NTB Diyakini Akan Selesai CepatMataram (DetikNTB.com),- Paripurna DPRD NTB yang mengagendakan Penetapan Tim Penyusunan Tata Tertib (Tatib) DPRD NTB dipimpin langsung oleh Ketua DPRD NTB Sementara, Hj. baiq Isvie Rupaeda dalam Rapat Paripurna Dewan yang digelar di Ruang Rapat Utama DPRD NTB, Rabu (11/09) siang di Mataram. Dalam agenda paripurna tersebut ditunjuk Mori Hanafi, SE., dari fraksi Partai Gerindra […]
Foto: Wakil Ketua DPRD NTB, Mori Hanafi (Ist)

Mataram (DetikNTB.com),- Paripurna DPRD NTB yang mengagendakan Penetapan Tim Penyusunan Tata Tertib (Tatib) DPRD NTB dipimpin langsung oleh Ketua DPRD NTB Sementara, Hj. baiq Isvie Rupaeda dalam Rapat Paripurna Dewan yang digelar di Ruang Rapat Utama DPRD NTB, Rabu (11/09) siang di Mataram.

Dalam agenda paripurna tersebut ditunjuk Mori Hanafi, SE., dari fraksi Partai Gerindra sebagai Ketua Panitia Khusus (Pansus) Penyusunan Tata Terbit anggota DPRD NTB atas hasil musyawarah anggota masing-masing fraksi serta sekretarisnya dari fraksi PAN yakni Muhammad Natsir.

Mori mengatakan, setelah penetapan Pansus Tatib ini, dirinya akan langsung melakukan rapat dengan pimpinan Pansus guna membahas tahapan jadwal pembahasan Tatib.

“Insha Alloh, besok (12/9), kita akan lakukan pembahasan secara intensif selama dua hari penuh untuk mempercepat proses penyelesaiannya,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil kajiannya, terhadap draft Tatib yang ada, tidak ada perubahan yang substantif terhadap aturan yang ada dalam Tatib sebelumnya dan meyakini pembahasan Tatib ini akan selesai pada Minggu depan.

“Kami meyakini minggu depan, pembahasan Tatib ini direncanakan akan bisa segera diselesaikan. Apalagi sampai sejauh ini teman-teman yang ada di fraksi juga telah melakukan penelaahan terhadap draft tatib ini dan tidak ditemukan hal-hal yang substantif yang dapat menimbulkan perdebatan yang alot yang berpotensi memperlambat pembahasan,” terang Mori yang juga sudah ditunjuk sebagai Wakil Ketua DPRD NTB oleh DPP Gerindra ini.

Apakah akan ada agenda konsultasi ke luar daerah seperti ke Kemendagri, untuk melakukan konsultasi aturan-aturan yang ada didalam Tatib itu, dia mengaku akan melihat regulasinya, apakah memungkinkan atau tidak.

“Tergantung aturannya, kalau konsultasi itu dibutuhkan, maka akan kami dilakukan. Karena memang sebagian besar aturan yang tertuang dalam tatib itu mengikuti aturan yang ada diatasnya. Sehingga Pansus perlu juga melakukan langkah konsultasi,” katanya di ruang kerjanya. (Iba)