Mengenal Raihan Anwar, Politisi Tangguh dari Kacamata Akademisi

Mengenal Raihan Anwar, Politisi Tangguh dari Kacamata AkademisiReviewed by adminon.This Is Article AboutMengenal Raihan Anwar, Politisi Tangguh dari Kacamata AkademisiJakarta (DetikNTB.com),- Sosok Raihan Anwar (RA) identik dengan intelektual organik yang mempelopori lahirnya reformasi di Indonesia. Ia telah mengawalinya ketika ikut andil dalam diskusi dan debat format perjuangan aktivis reformasi di awal tahun 1995-1996 bersama-sama aktivis malang almarhum Munir dkk. Ia salah satu tokoh aktivis yang lantang memperjuangkan perubahan ketika dirinya menjadi ketua SMPT dan […]
Foto: Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Bima juga anggota DPRD NTB dua periode, Raihan Anwar, SE.,M.Si

Jakarta (DetikNTB.com),- Sosok Raihan Anwar (RA) identik dengan intelektual organik yang mempelopori lahirnya reformasi di Indonesia. Ia telah mengawalinya ketika ikut andil dalam diskusi dan debat format perjuangan aktivis reformasi di awal tahun 1995-1996 bersama-sama aktivis malang almarhum Munir dkk. Ia salah satu tokoh aktivis yang lantang memperjuangkan perubahan ketika dirinya menjadi ketua SMPT dan sempat aktif di PDI sebelum reformasi.

Di awal pendirian Partai Amanat Nasional (PAN), RA telah berjuang dalam wadah rumah perubahan PAN dalam mengawal reformasi di Indonesia, Ia tampil dengan gagasan cemerlang ketika menjadi tokoh penting dalam Barisan muda PAN.

Dengan pengalaman sebagai aktivis politik progresif di PAN, ia coba tampil dalam momentum politik menjadi calon anggota DPRD tapi keberuntungan belum berpihak kepadanya, padahal ketokohan dan gagasan politik yang ia tawarkan sangat progresif untuk sebuah perubahan NTB saat itu.

BACA JUGA:Nasdem untuk IDP di Pilkada Bima 2020

petarung tangguh tidak pernah kalah dengan keadaan, sambil ia melanjutkan kuliah program Doktor ilmu manajemen di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) kemudian Ia melangkah lebih jauh melalui Partai Nasdem.

“Di sinilah RA menemukan ekosistem politik baru yang mengantarkan ia sebagai anggota DPRD Provinsi dua periode berturut- turut,” jelas Wakil Rektor 1 Universitas Islam Attahiryah (UNIAT) Jakarta, Dr. Ikhwan Sirajuddin seperti keterangan yang diterima DetikNTB.com, Rabu (31/07) di Mataram.

RA memiliki visi besar dalam membangun Partai Nasdem untuk memperjuangkan kepentingan dan aspirasi masyarakat sehingga buah dari perjuangan itu memberikan hasil maksimal dengan memperoleh 5 kursi di DPRD kabupaten bima untuk ukuran sebuah partai baru.

“Saya paham betul sosok RA karena kita hidup bersama- sama, Ia sosok intelektual, memiliki kompetisi dalam kepemimpinan yang memiliki modal sosial dan networking yang luas. RA selalu menyatakan spritual politik itu lebih penting dari pada matematika politik. Ia ingin bertarung dengan spiritual politik untuk membangun Bima yang rapuh akan nilai- nilai Islam,” ucap akademisi yang juga dosen di beberapa kampus ternama di Jakarta ini.

RA sosok yang ramah dan sangat dekat dengan grass root politik (akar rumput), ia akrab dengan semua simpul-simpul diakar rumput seperti petani, nelayan, tokoh masyarakat, aktivis dan akademisi serta politisi pelayan masyarakat yang tidak banyak basa-basi dengan ketidakberesan.

RA memiliki ultimate goal dalam membangun Bima ke depan dengan visi besar untuk perubahan. RA dengan  background ekonomi dan doktor Manajemen Bisnis, mampu melakukan transformasi dan perubahan ekonomi Bima menjadi lebih maju, maka Ia sosok yang layak untuk memimpin Bima kedepan. (Iba)