Lipat Surat Suara, KPU Lobar Berdayakan 224 Orang Masyarakat

Lipat Surat Suara, KPU Lobar Berdayakan 224 Orang MasyarakatReviewed by adminon.This Is Article AboutLipat Surat Suara, KPU Lobar Berdayakan 224 Orang MasyarakatLombok Barat (Detik NTB),- KPU Kabupaten Lombok Barat (Lobar) hari ini tengah mulai melipat surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Setelah itu akan dilakukan pelipatan lainnya secara berjenjang yakni surat suara DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten. Target KPU hingga selesai, yakni melibatkan 224 orang warga masyarakat Lobar setempat. Lima katagori untuk […]
Foto: Suasana Pelipatan Surat Suara Oleh Ratusan Masyarakat Di Gudang Logistik KPU Desa Lelede

Lombok Barat (Detik NTB),- KPU Kabupaten Lombok Barat (Lobar) hari ini tengah mulai melipat surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Setelah itu akan dilakukan pelipatan lainnya secara berjenjang yakni surat suara DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten. Target KPU hingga selesai, yakni melibatkan 224 orang warga masyarakat Lobar setempat.

Lima katagori untuk surat suara yang akan dilipat nantinya seperti surat suara Pemilihan Presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota/Kabupaten.

Sekretaris KPU Kota Lombok Barat Lalu Suherman yang di konfirmasi mengatakan, mengenai pelipatan surat suara ini sudah diputuskan berdasarkan hasil pleno KPU yang dimulai dari Senin hingga Rabu mendatang.

“Kita akan memulai melipat surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden yang akan diperkirakan selama tiga hari,” terangnya.

Sebanyak kurang lebih 489.480 Lembar kertas surat suara pemilihan presiden dan berdasarkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT). Setelah selesai, akan dilanjutkan dengan melipat surat suara DPR RI. Namun waktunya sedikit lebih banyak antara empat hingga lima hari karena jumlahnya lebih banyak.

“Untuk melipat surat suara DPR RI akan memakan waktu empat hingga lima hari,” jelasnya.

Menurutnya, sebanyak lima kategori surat suara yang akan dilipat, ditarget hingga tanggal 3 April sampai tuntas semuanya. Namun untuk surat suara yang cadangan belum akan dilipat dulu. Berdasarkan SOP, pihaknya terlebih dahulu sepakati bahkan sudah disampaikannya di pihak Bawaslu bahwa terdapat poin point’ ABCD yang akan dimulai jam 09 sampai jam 18.

” Aktifitas lipat suratnya kami hanya buka pagi hingga sore saja. Untuk malam hari ditiadakan karena khawatir ada surat suara yang rusak, luput dari penglihatan,” ujarnya.

Sementara aktifitas ini pun melibatkan masyarakat Lobar disemua kecamatan. Untuk memulai pelipatan, terlebih dahulu dilakukan simulasi.

“Alhamdulillah, khusus surat suara presiden ini caranya memang relatif gampang dan lebih cepat,” akunya.

Pengaman sendiri kata Suherman, dari awal dibantu oleh Bawaslu dan pihak kepolisian Lobar yakni dengan pasukannya. Pengawalan polisi sudah melakukan pengecekan dan menggeledah untuk body cek untuk semua peserta yang melipat, baik yang laki dan yang perempuan.

Dikatakan Suherman, jika nanti surat suara sudah terlipat semua, pihaknya akan melakukan pengiriman sesuai jenjang dari KPU ke PPK dan PPK langsung ke PPS. (W@N)