Ihwan Ompu Siap Mengabdi untuk Desa Ngali

Ihwan Ompu Siap Mengabdi untuk Desa Ngali
Foto: Bakal Calon Kepala Desa Ngali 2019-2024, Ihwan Hanafi

Bima (DetikNTB.com),- Puluhan Desa di Wilayah Kabupaten Bima dijadwalkan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Desember tahun 2019 ini. Termasuk di dalamnya Desa Ngali Kecamatan Belo.

Sejumlah nama Cakades yang berniat mencalonkan diri sudah mulai terlihat, sebagiannya sudah mensosialisasikan dirinya tengah-tengah masyarakat.

Salah satu di antara nama yang muncul adalah Ihwan Hanafi, S.Pd lulusan S1 di Perguruan tinggi di Kota Mataram.

“Ihwan Hanafi atau disapa Ihwan Ompu merupakan harapan nyata bagi sesepuh Ngali, tokoh Pemuda serta adik-adik Mahasiswa Ngali,” ucap tokoh pemuda Ngali Mukhlis Gois, Selasa (11/06).

Menurut Gois sapaannya, majunya Ihwan Ompu di bursa Cakades Ngali Karena diminta oleh para sesepuh, senior, pemuda, mahasiswa dan umumnya masyarakat Ngali.

“Sosok Ihwan Ompu siap Bissmillah maju dan untuk memenangkan Pilkades Ngali demi tanah kelahiran dan masyarakat Ngali,” tambahnya.

Sementara Ihwan sendiri menegaskan, bahwa Desa Ngali persis sama dengan kampus atau sekolah yang didalamnya tempat proses belajar mengajar masyarakat.

Ia mengatakan, tipe warga Ngali itu haus menuntut ilmu agama dan ilmu pengetahuan lain yang bermamfaat bagi kehidupannya serta pekerja keras.

“Berawal dari satu presepsi itu seorang Kepala Desa atau siapapun yang menjadi orang no satu di Ngali harus menyediakan sarana/fasilitas untuk meningkatkan kretifitas warga nya,” kata mantan aktivis Mataram ini.

Selain itu tambahnya, Kades harus mendistribusikan energi positif kepada masyarakat tentang nilai-nilai akademis yang menjunjung tinggi hormat dan mengormati dalam hal sekecil apapun sehingga terbentuk tatanan kehidupan masyarakat yang beradab.

Meski umur terbilang sangat muda,  Ihwan Ompu sama sekali tidak pesimis mengabdi untuk tanah adatnya, bukan alasan rasional baginya untuk tidak mengabdi kepada nusa dan bangsa terutama ke desa kelahirannya. Karena baginya, sejarah mencatat pemuda lah pelopor gerakan-gerakan Revolusi Bangsa.

Ia juga mengajak pemuda desa harus bersikap rasional di Pilkades 2019 ini agar hasil pemilihan nantinya mengasilkan pemimpin desa yang betul-betul berkualitas dan memeluk kepentingan rakyat Desa.

Ia berharap, Pilkades itu momentum terbaik bagi keluarga besar Ngali untuk memilih dan memilah di antara Cakades yang mencalonkan diri nanti harus betul-betul menaruh pertimbangan Rasional demi dana ro rasa mu ntika raso. (Iba)