Gubernur Sindir Dewan NTB ke Luar Negeri

Gubernur Sindir Dewan NTB ke Luar Negeri
Foto: Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, saat bersama sejumlah bupati/walikota dan stakeholders terkait diundang Redaksi Suara NTB, Sabtu (23/03)

Mataram (DetikNTB.com),- Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. Zulkieflimansyah menyindir anggota DPRD NTB yang melakukan perjalanan ke luar negeri yang menghabiskan dana sebesar Rp 3,5 miliyar rupiah.

“Mesti peka juga (DPRD NTB kita ini). Coba menurut saya setelah mereka kunjungan ke luar negeri bikin press konferens paparkan apa hasilnya. Nah saya kira masyarakat mengerti supaya ada akuntabilitasnya,” kata mantan anggota DPR RI tiga periode ini, Rabu (14/08) siang usai menghadiri acara Dekranas yang dihadiri Ketua Umum, Hj. Mufida Jusuf Kalla di Mataram.

Gubernur menyampaikan kenapa masyarakat marah, karena kunjungan ke luar negeri itu dimaknai seperti jalan-jalan.

“Kalau ternyata kunjungan ke luar negeri itu hasilnya menakjubkan saya kira masyarakat akan paham. Jadi sebenarnya bukan (masyarakat) pada menolak ke luar negerinya tapi selama ini kunjungan ke luar negeri itu tidak kelihatan hasilnya,” ucapnya.

Untuk diketahui, perjalanan dinas anggota DPRD NTB ke luar negeri yang menghabiskan uang rakyat milyaran rupiah tersebut diberangkatkan dalam dua kelompok terbang (Kloter).

Kloter pertama berangkat pada, 03 Agustus 2019 dengan negara tujuan Turky, Swiss dan Italy kemudian kembali ke tanah air, 9 Agustus 2019.

Kloter kedua berangkat pada, 13 Agustus 2019 dengan negara tujuan antara lain seperti, Australia, Belanda, Prancis serta Belgia dan akan kembali pada, 19 Agustus 2019.

Pelesiran wakil rakyat ke luar negeri tersebut mendapat banyak penolakan dari mahasiswa, masyarakat dan sejumlah LSM termasuk membuat petisi yang ditandatangani puluhan ribu masyarakat untuk membatalkan kunjungan tersebut. (Iba)