Doktor Muda Ini Digadang Masuk Bursa Cabub Bima 2020

Doktor Muda Ini Digadang Masuk Bursa Cabub Bima 2020
Foto: Bakal Calon Bupati Bima 2020-2025, Dr Hermawan Saputra

Jakarta (DetikNTB.com),- Bursa calon bupati Kabupaten Bima mulai ramai diperbincangkan jelang Pilkada 2020. Salah satu nama yang mengemuka adalah Dr Hermawan Saputra, SKM,.Mars, Kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS), akademisi dan pakar rumah sakit.

Hermawan sapaan Dr Hermawa Saputra, SKM,.Mars, termasuk salah seorang tokoh populer di kalangan milenial dan akademisi. Alumnus Universitas Indonesia ini kini menjadi Ketua Program Studi Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat UHAMKA Jakarta, beliau banyak terlibat dalam penyusunan peraturan-peraturan kesehatan.

Pria kelahiran Desa Nae Kecamatan Sape, 24-05-1983 ini didorong masyarakat untuk maju pada Pilkada Bima 2020. Beliau selama ini dikenal sebagai orang dekat Gubernur NTB Zulkiflimanyah. Pada saat Pemilu, hampir setiap aktivitas mereka selalu bersama. Berbekal modal Pileg kemarin, Hermawan sangat paham wilayah dan kultur masyarakat Bima, bahkan saat ini ia terus berkeliling dan berkomunikasi dengan masyarakat.

Belum lagi Hermawan dan Gubernur sama-sama kader PKS sehingga kesamaan Visi dan Misi mereka menyatu untuk membangun NTB Gemilang kedepannya. Ia meyakini dengan adanya kesamaan maka Insya Allah tidak akan sulit untuk membangun Bima.

Dr Hermawan Saputra adalah salah satu politisi muda yang mewakili Bima bagian Timur (Sape-Lambu) yang terbilang sukses dalam dunia akademisi. Alumnus Doktor Kesehatan Masyarakat, mampu mengantarkan PKS Dapil NTB 1 mengamankan 1 kursi DPR RI dan meraih suara terbanyak di internalnya di Kabupaten Bima, walaupun Hermawan harus puas di urutan kedua suara terbanyak di internal partai.

Tidak heran jika tokoh masyarakat langsung mendorong Hermawan untuk maju di Pilkada Bima. Tak hanya restu, mereka siap memberikan dukungan maksimal.

Selain mewakili masyarakat Bima Sape-Lambu, Hermawan yang juga merupakan Tenaga Ahli Direktorat Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi RI, dirinya berpengalaman dalam mengelolah birokrasi pemerintahan.

Jika masyarakat menghendaki untuk menjadi orang nomor satu di Bima, ia akan berkomitmen membangun dunia kesehatan. “Karena latar belakang saya kesehatan dan konsultan rumah sakit, saya siap ketika diminta oleh masyarakat untuk mengembangkan dunia kesehatan khususnya rumah sakit,” ungkapnya.

Hermawan juga mengungkapkan keinginan untuk membangun rumah sakit Rujukan Regional atau Rujukan Kesehatan Tingkat Tiga mengingat jarak tempuh Bima yang relatif cukup jauh dengan Kota Mataram.

Selain itu, Hermawan bertekad menghadirkan pelayanan publik satu pintu agar memudahkan masyarakat untuk mengurus sesuatu yang cepat, mudah, terjangkau, aman, nyaman dan transparan dalam mewujudkan Bima yang ramah dan adil untuk semua.

Dengan pelayanan publik satu pintu Hermawan optimis masyarakat tidak perlu lagi menempuh perjalanan jauh ke kantor Dinas terkait dan berbelit-belit apalagi antrian panjang, cukup datang di instansi-instansi pemerintah setempat (Kecamatan dan Desa) lalu dilayani secara online dan gratis seperti KK, KTP dan lain-lainya.

Dengan pengalamannya sebagai konsultan di berbagai Kementerian dan memiliki pendidikan mampuni, Hermawan yang hobi menulis, siap mewakafkan dirinya untuk tanah kelahirannya jika masyarakat memberikan mandat.

“Beliau masih muda, tapi gagasan dan karyanya sudah luar biasa. Ada banyak daerah yang sudah didampinginya dan berhasil,” ujar Aidil, salah seorang pemuda Sape-Lambu, Bima. (Iba)