Dituding Hambat Program, Ketua DPRD Dompu Murka

Dituding Hambat Program, Ketua DPRD Dompu Murka

DOMPU – Ketua DPRD Dompu, Yuliadin, S.Sos membantah tudingan bahwa dewan sengaja mengulur waktu pembahasan untuk menghambat Program Pemerintah Daerah.

Bucek sapa’an akrab Ketua DPRD Dompu itu mengaku heran atas pernyataan Bupati Dompu yang disampaikannya pada upacara hari sumpah pemuda yang dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Karijawa pada hari senin, 30 Agustus 2017.
“Yang Terlambat itu siapa ?? kami minta Bupati tanyakan kembali ke para pembantunya, sudahkah mereka ikuti Peraturan Menteri Dalam Negeri ??” Ungkapnya.

Bucek menyampaikan bahwa Bupati Dompu janganlah mencari kambing hitam atas polemik yang terjadi terkait keterlambatan pembahasan APBD, karena menurutnya itu sungguh tak etis disampaikan oleh seorang Pimpinan Daerah mengingat keterlambatan para Pembantunya menyampaikan KUA/PPAS ke DPRD. “Yang membuat terlambatnya pembahasan APBD justru Pemerintah Daerah kalau kita mengacu pada pasal 155 ayat (4) Permendagri Nomor 13 Tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah rancangan KUA/PPAS” Kata Bucek.

Pada Permendagri tersebut lanjut Bucek, bahwa perubahan disampaikan kepada DPRD paling lambat minggu pertama bulan Agustus tahun berjalan dan APBD murni 2018 paling lambat diserahkan pada pertengahan bulan juni tahun berjalan, sedangkan penyerahan oleh Pemerintah Daerah ke DPRD tanggal 29 Agustus 2017 Jam 15.00
“Pak Bupati jangan mencari kambing hitam untuk membersihkan diri, tanyakan kembali kepada para pembantunya sudahkah mereka ikuti permendagri itu? Tanya Bucek.

Lebih lanjut pula Bucek mengingatkan bahwa pada pasal 86 ayat (1) Permen yang sama bahwa rancangan KUA disampaikan kepala Daerah kepada DPRD paling lambat pertengahan bulan Juni tahun anggaran berjalan untuk dibahas dalam pembicaraan Pendahuluan RAPBD tahun anggaran berikutnya.
“Pemerintah Daerah justru menyerahkan KUA/ PPAS 2018 pada tanggal 30 Juli 2017 Jam 15.00, dan hingga hari ini KUA/PPAS 2018 masih diperbaiki oleh Pemda”. Ujar Bucek. (51)