Bupati Dompu Tuding DPRD Hambat Program Pemerintah

Bupati Dompu Tuding DPRD Hambat Program Pemerintah

DOMPU – Bupati Dompu H. Bambang M. Yasin menumpahkan kekesalannya terkait keterlambatan dalam penuntasan pembahasan APBDP tahun 2017 yang menurutnya sangat dipengaruhi oleh adanya kepentingan tertentu, dalam upacara hari sumpah pemuda yang dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Karijawa (Senin, 30/10/2017).

Pada kesempatan itu, sengaja dimanfaatkan oleh HBY untuk menceritakan tentang pembahasan APBDP tahun 2017 yang beberapa hari lalu usai dibahas bersama antara tim Anggota DPRD dan Tim Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu.

HBY mengatakan bahwa APBD Perubahan tahun 2017 belum tuntas diselesaikan sampai hari ini, disebabkan oleh adanya saling mengunci kepentingan.
“Kenapa seperti ini karena diantara kita saling mengunci kepentingan masing-masing. Kalau tidak begini saya tidak akan lakukan ini, kalau saya tidak dapat ini maka saya tidak akan membuat ini” Ujar HBY.

Lebih lanjut, HBY menuding DPRD terkesan sengaja menghambat Program Pemerintah dengan tidak dibahasnya KUA/PPAS Tahun 2018.
“KUA/PPAS Tahun 2018 sudah disampaikan sejak Agustus 2017 tapi sampai hari ini tidak pernah dibahas oleh DPRD”.

Dalam pidatonya HBY bercerita tentang Rapat Kerjanya bersama Presiden RI baru-baru ini yang menegaskan bahwa tanggung jawab APBD Itu adalah Bupati. Melalui APBD Visi Misi Bupati itu diwujudkan. Bupati yang menentukan alokasi anggaran, yang berarti eksekutif Pemerintah dan DPRD Tugasnya menyetujui, itu perintah presiden. Tegas HBY.

“Tugas pemerintah melobi DPRD supaya usulan APBD itu disetujui. Jadi mulai hari ini saya melanjutkan perintah Presiden. Ini perintah, selesesaikan APBD tahun 2018 itu sesuai dengan aturan yang berlaku”. Ungkap HBY mengutip perintah Presiden. (51)