Bawaslu RI Perintahkan KPU Teliti Periksa Berkas PBB, PKPI dan Idaman

Bawaslu RI Perintahkan KPU Teliti Periksa Berkas PBB, PKPI dan IdamanReviewed by adminon.This Is Article AboutBawaslu RI Perintahkan KPU Teliti Periksa Berkas PBB, PKPI dan IdamanJAKARTA – Polemik pendaftaran partai politik melalui Sistem Informasi partai Politik (Sipol) yang menyebabkan Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Idaman tidak lolos verifikasi KPU ternyata masih berlanjut. Melalui keputusannya pada Hari Rabu (14/11/2017) Sore, Badan Pengawas Pemiliham Umum (Bawaslu) RI meminta kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk meneliti […]

JAKARTA – Polemik pendaftaran partai politik melalui Sistem Informasi partai Politik (Sipol) yang menyebabkan Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Idaman tidak lolos verifikasi KPU ternyata masih berlanjut.

Melalui keputusannya pada Hari Rabu (14/11/2017) Sore, Badan Pengawas Pemiliham Umum (Bawaslu) RI meminta kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk meneliti kembali dokumem yang diserahkan PBB, PKPI dan Idaman. Bawaslu juga menyatakan bahwa Sipol bukanlah syarat pendaftaran bagi partai politik untuk ikut pemilu, melainkan hanya sebagai alat bantu untuk efektifatas administrasi.

Menurut Bawalu KPU harus lebih mengutamakan penyerahan dokumen yang lengkap dari PBB, PKPI dan Idaman  dari pada pengisian data elektronik melalui Sipol. Dalam putusannya Bawaslu memberi waktu tiga hari pada KPU sejak diputuskan untuk dilaksanakan.

Sebelumnya KPU telah menetapkan beberapa partai diantaranya PBB, PKPI dan Idaman tidak lolos dalam verifikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Namun, pasca adanya putusan itu, maka masih terbuka peluang bagi partai yang di pimpin oleh Yusril Ihza Mahendra, Hendropriyono Dan Raja Dangndut Rhoma Irama untuk berkompetisi di Pemilu 2019. (ar)

Baca Juga:

Lewat HKN, Dikes Ingatkan Warga Ancaman Penyakit

Polda NTB Akan Segera Korsup Dengan KPK Kasus K2 Dompu

Aneh ! Perubahan Pekerjaan Proyek Sedang Dilaksanakan, TP4D Belum Terima Laporan.