Bakal Calon Bupati Bima Ini Bakal Dorong Data Kependudukan Terintegrasi

Bakal Calon Bupati Bima Ini Bakal Dorong Data Kependudukan TerintegrasiReviewed by adminon.This Is Article AboutBakal Calon Bupati Bima Ini Bakal Dorong Data Kependudukan TerintegrasiJakarta (DetikNTB.com),- Bakal calon Bupati Kabupaten Bima Dr. Hermawan Saputra, akhir-akhir ini banyak menerima laporan dan pengaduan dari masyarakat terkait pelayanan kependudukan di Kabupaten Bima, mulai jarak tempuh yang jauh, proses pelayanan yang berbelit-belit hingga antri lama. Hermawan sapaan Dr Hermawa Saputra mengatakan jika masyarakat menghendaki untuk maju Bupati, ia akan berkomitmen mehadirkan program data […]
Foto: Bakal Calon Bupati Bima 2020-2025, Dr Hermawan Saputra

Jakarta (DetikNTB.com),- Bakal calon Bupati Kabupaten Bima Dr. Hermawan Saputra, akhir-akhir ini banyak menerima laporan dan pengaduan dari masyarakat terkait pelayanan kependudukan di Kabupaten Bima, mulai jarak tempuh yang jauh, proses pelayanan yang berbelit-belit hingga antri lama.

Hermawan sapaan Dr Hermawa Saputra mengatakan jika masyarakat menghendaki untuk maju Bupati, ia akan berkomitmen mehadirkan program data kependudukan terintegrasi untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus data kependudukan.

“Saya akan berkomitmen mehadirkan program data kependudukan terintegrasi untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus data kependudukan dan lainnya,” ujar Hermawan Saputra, saat di wawancara oleh media ini, Rabu (19/06) di Jakarta.

Lanjut Hermawan, dengan program data kependudukan terintegrasi, masyarakat juga tidak perlu lagi menempuh perjalanan jauh ke kantor Dinas terkait dan berbelit-belit apalagi antri lama, cukup datang di instansi-instansi pemerintah setempat seperti Kecamatan/Desa lalu akan dilayani secara online.

Ia menambahkan, jika semua data terkait kependudukan terangkum satu pintu di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, maka proses pelayanan terkait yang mebutuhkan data kependudukan di semua Dinas atau Unit Pemerintahan tinggal kordinasi Disdukcapil.

Hermawan juga menjelaskan dengan program data kependudukan terintegrasi ini, maka akan mempermudah masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan.

“Misalnya ketika ada masyarakat yang mengurus akta kelahiran anaknya maka akan mendapatkan tiga dokumen sekaligus diantaranya, KTP yang berubah dari yang belum kawin menjadi sudah kawin, kartu keluarga dari belum kawin menjadi sudah kawin dan akta kelahiran,” ujarnya.

Ia menambahkan, begitupun warga yang sudah resmi bercerai secara langsung akan mendapatkan tiga dokumen sekaligus, adapun tiga dokumen tersebut antara lain akta perceraian, KTP yang sudah cerai hidup, dan KK yang sudah cerai hidup.

”Intinya masyarakat tidak perlu lagi mengurus satu persatu,” ungkapnya.

Pihaknya menegaskan semua pelayanan kependudukan nantinya sangat relevan dengan program Gubernur NTB Zulkiflimanyah dalam membangun NTB gemilang.

“Jika masyarakat sudah merasa nyaman dan bahagia, maka Kabupaten Bima yang ramah dapat terwujud dengan baik,” tutupnya. (Iba)