Detik NTB

Berita Nusa Tenggara Barat

Politik

Akhirnya Perppu Nomor 2/2017 Sah Menjadi UU Ormas

Jakarta – Meski di tolak oleh berbagai pihak akhirnya DPR sepakat mengesahkan Perppu Nomor 2/2017 menjadi UU. Dan Perppu ini resmi menjadi undang-undang menggantikan UU Nomor 17 Tahun 2013 Tentang Ormas.

Pantauan detikNTB Dalam rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPR Fadli Zon di DPR RI Selasa 24/10/2017. Fraksi PAN, Gerindra dan PKS, tetap tegas dan konsisten sejak awal menolak Perppu Ormas. Dan Di sisi lain Fraksi PDIP, Hanura, NasDem, dan Golkar tetap mendukung Perppu untuk di sahkan menjadi undang-undang. Sementara Fraksi PKB, Demokrat, dan PPP, setuju Perppu Ormas disahkan menjadi UU dengan catatan dilakukan revisi bila UU itu disahkan menjadi UU.

Akibatnya rapat paripurna berjalan alot dan sempat diskors untuk lobi-lobi. Akhirnya di ambil keputusan untuk di lakukan Voting. Dari total 445 Anggota yang hadir, 131 anggota yang terdiri dari Fraksi Pan, Gerindra dan PKS yang menolak Perppu Ormas melawan 314 Anggota yang merupakan anggota Fraksi PDIP, Hanura, NasDem, Golkar, PKB, Demokrat dan PPP yang mendukung Perpu Ormas. Dalam rapat paripurna ini juga hadir perwakilan Pemerintah Mendagri Tjahjo Kumolo, Menkum HAM Yasonna Laoly dan Menkominfo Rudiantara.

Setalah Voting di Lakukan Akirnya Wakil Ketua DPR Fadli Zon Mengetok Palu Tanda Di Sahkanya Perppu Nomor 2/2017 menjadi undang-undang menggantikan UU Nomor 17 Tahun 2013 Tentang Ormas. (rd)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *