Bibit Bawang Merah asal Bima Sukses Ditanam di Kabupaten Tabanan Bali

Bibit Bawang Merah asal Bima Sukses Ditanam di Kabupaten Tabanan BaliReviewed by adminon.This Is Article AboutBibit Bawang Merah asal Bima Sukses Ditanam di Kabupaten Tabanan BaliBima (Detikntbcom),- Bantuan Pemerintah pusat dalam hal pengembangan komoditi Holtikultura di Kabupaten Tabanan pada tahun anggaran 2020. Berupa bantuan bibit, sarana pascapanen dan sarana pengolahan hasil dari Dirjen Holtikultura yang disalurkan melalui Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan. Salah satu komoditinya yakni pengembangan bibit bawang merah, bawang merah asal Kabupaten Bima yang ditanam di Kediri Kabupaten Tabanan […]
Para petani tengah memanen barang merah (Dok. Istimewa)

Bima (Detikntbcom),- Bantuan Pemerintah pusat dalam hal pengembangan komoditi Holtikultura di Kabupaten Tabanan pada tahun anggaran 2020. Berupa bantuan bibit, sarana pascapanen dan sarana pengolahan hasil dari Dirjen Holtikultura yang disalurkan melalui Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan.

Salah satu komoditinya yakni pengembangan bibit bawang merah, bawang merah asal Kabupaten Bima yang ditanam di Kediri Kabupaten Tabanan hasilnya sangat membanggakan semua pihak, terutama pemerintah Kabupaten Tabanan. Bagaimana tidak, dari jumlah yang ditanam dengan luas lahan 25 hektar, dengan hasil 1 hektar 18 ton.

Pemilik UD. Parewa Mulya asal Desa Sakuru Kabupaten Bima selaku penangkal bibit bawang merah yakni Ikhwan A.Gani merasa bangga akan kabar hasil panen tersebut.

“Saya sangat bangga dengar kabar bahwa hasil panen bawang merah tersebut hasilnya sangat memuaskan dan ini ada kebanggaan tersendiri. Hal itu setelah dikabari via whatsapp oleh salah satu rekan kerjanya di tabanan,” katanya, Sabtu (27/6).

Baginya, kepercayaan terhadap kualitas bibit adalah yang utama sebab pihaknya tidak ingin mengecewakan pelanggan. Olehnya, jauh sebelum bawang distribusi pihaknya akan croscek dan pastikan dulu kualitas barangnya sehingga sampai hari ini kepercayaan tetap terjaga.

Sebagai informasi, Kabupaten Bima selain daerah penyuplai bibit bawang merah juga terkenal sebagai penyuplai bawang merah ekspor yakni data dari pulau sumbawa pelabuhan Badas, Poto Tano, Bima dan Sape tahun 2018 sebanyak 23.100 ton, tahun 2019 produksi sebanyak 24.100 ton, dan tahun 2020 (hingga 26 Mei tahun 2020) sebanyak 1.300 ton.

“Kami sebagai penangkal bibit bawang berharap dari Dirjen Holtikultura bahwa program bantuan bibit selalu diprogramkan tiap tahun,” harapnya. (Iba)