Relawan Hijau Jao Bima Tanam Mangrove di Pesisir Rababuntu Bima

Relawan Hijau Jao Bima Tanam Mangrove di Pesisir Rababuntu BimaReviewed by adminon.This Is Article AboutRelawan Hijau Jao Bima Tanam Mangrove di Pesisir Rababuntu BimaBima,- Komunitas Jao Bima kembali melakukan Penanamman sekitar 150 Pohon Bakau di sepanjang garis Pantai di sekitar pemukiman penduduk pada Minggu (04/03) pagi di Pesisir Pantai Rababuntu Desa Nggembe Kecamatan Bolo Bima. Selain Kegiatan penanaman, Komunitas Hijau Jao Bima juga melakukan perawatan atau Penyulaman terhadap tanaman bakau yg telah terlebih dahulu ditanam beberapa waktu yang […]
Foto : Relawan Hijau Jao Bima sedang tanam pohon mangrov di pantai Rababuntu

Bima,- Komunitas Jao Bima kembali melakukan Penanamman sekitar 150 Pohon Bakau di sepanjang garis Pantai di sekitar pemukiman penduduk pada Minggu (04/03) pagi di Pesisir Pantai Rababuntu Desa Nggembe Kecamatan Bolo Bima.

Selain Kegiatan penanaman, Komunitas Hijau Jao Bima juga melakukan perawatan atau Penyulaman terhadap tanaman bakau yg telah terlebih dahulu ditanam beberapa waktu yang lalu.

Pesertanya tidak hanya anggota Komunitas Hijau Jao Bima, tetapi ada juga dari masyarakat, perwakilan pemerintah desa Nggembe dan pelajar pecinta alam dari SMK Negeri 9 Bima.

Sisi menariknya menurut Kabid konservasi dan Rehabilitasi Komunitas Hijau Jao Bima Junaidin Jun Rimba adalah keterlibatan masyarakat di sekitar lokasi penanaman, bisa menjadi edukasi terhadap masyarakat pada umumnya, untuk bersama-sama merawat ekosistem mangrove dan wilayah Pesisir.

“Karena jika lingkungan terawat tentu kita mendapatkan manfaat yang luar biasa baik dari sisi lingkungan, kesehatan dan ekonomi karena selama ini pamahaman masyarakat untuk manfaat hutan mangrove masih sangat rendah dan dgn ada giat ini masyarakat bisa teredukasi terkait manfaat hutan mangrove,” Terang Jun Rimba

Lebih lanjut menurut Jun Rimba, Kegiatan Penanaman mangrove di Rababuntu ini merupakan bagian dari kampanye save Teluk Bima, hutan mangrove sangat berperan penting dalam menjaga garis pantai agar tetap stabil. Mengingat, kehadiran populasi pohon dan semak yang ada pada hutan mangrove tersebut dapat melindungi tepian pantai dari terjangan ombak langsung yang berpotensi menghantam dan merusak bibir pantai.

“Melihat peran penting dan potensi besar yang dimiliki dari Hutan Mangrove baik dalam sektor ekonomi maupun pelestarian lingkungan hidup, sudah selayaknya masyarakat khususnya di wilayah Teluk Bima, Pemerintah Daerah dan berbagai elemen mendukung dan berpartisipasi dalam gerakan pelestarian lingkungan hidup demi kemaslahatan bersama”, harap Jun.

(IBA)