Puncak HUT Polantas ke-63, Ditlantas Polda NTB Bantu Sekolah Pasca Gempa

Puncak HUT Polantas ke-63, Ditlantas Polda NTB Bantu Sekolah Pasca Gempa
Foto : Dirlantas Polda NTB KBP Arman Achdiat S.IK.M.Si saat membagikan bingkisan untuk anak sekolah

Lombok Utara,- Hari Ulang Tahun (HUT) Polisi Lalu Lintas ke 63 yang dilaksanakan oleh Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Ditlantas Polda NTB) dilaksanakan berbeda dari tahun – tahun sebelumnya. Sabtu (22/09), puluhan anggota Polisi Lalu Lintas telah memenuhi bekas reruntuhan sekolah Dasar Al Hijrah Dusun Busur Barat Desa Rempek Darussalam Kecamatan Gangga Kab Lombok Utara.

Pagi itu, diadakan lomba mewarnai yang diikuti oleh ratusan anak TK dan SD dan di panggung utama berlangsung lomba puisi bertemakan Polisi Lalu Lintas. Di sekolah inilah, Ditlantas Polda NTB memberikan bantuan berupa sekolah darurat tahan gempa sebanyak 3 (tiga) ruang kelas.

Dalam sambutannya, Direktur Lalu Lintas Polda NTB KBP Arman Achdiat S.IK.M.Si menyampaikan bahwa kondisi Pulau Lombok dan Sumbawa yang terdampak gempa membuat dirinya mengambil keputusan untuk mengadakan acara HUT Polantas ke 63 ini di lokasi gempa sekaligus memberikan bantuan kepada para korban gempa.

“Kami dari seluruh anggota Polantas se NTB mengadakan program Aksi 1.000 untuk korban gempa, kemudian kami bangun Sekolah Darurat Tahan Gempa. Tidak hanya di Pulau Lombok, di Pulau Sumbawa, kami juga memusatkan perayaan HUT Polantas ke 63 bersama seluruh Satlantas se Pulau Sumbawa di Alas Barat, wilayah yang memang terkena gempa. Mudah – mudahan apa yang kami berikan bermanfaat,” jelas Dirlantas Polda NTB ini.

Hadir dalam puncak acara HUT Polantas ke 63 ini adalah Bupati Lombok Utara Dr TGH Najmul Akhyar, Kepala Bappeda NTB, perwakilan Jasa Raharja, perwakilan dari Kampus ITS Surabaya yang menjadikan Desa Rempek Darussalam sebagai desa binaannya, dan juga para undangan lainnya.

Foto : Dirlantas Polda NTB memotong tumpeng di puncak HUT Polantas ke-63 di Lombok Utara

Bupati Lombok Utara Dr TGH Najmul Akhyar dalam ucapan terima kasihnya menjelaskan bahwa beliau selaku Kepala Daerah Lombok Utara menyampaikan apresiasinya atas dipilihnya Lombok Utara sebagai tepat untuk acara puncak HUT Polantas ke 63 sekaligus pemberian bantuan berupa gedung Sekolah.

“Ada ratusan sekolah yang dalam kondisi runtuh, kami bersyukur Ditlantas Polda NTB ikut membantu kami. Dan semoga Polisi Lalu Lintas semakin modern dan terpercaya,” komentar Bupati mengakhiri sambutannya.

Kegiatan ini merupakan puncak acara yang sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan pengobatan gratis, Kamis (20/09) di Desa Guntur Macan Kec Gunung Sari Lombok Barat dan juga Donor darah di Kantor Samsat Mataram. Mulai tanggal 14 September 2018 dimulainya penggalangan dana bantuan untuk korban gempa melalui gerakan aksi 1.000 di seluruh Jajaran Ditlantas dan Satlantas se NTB.

Sumardi selaku ketua Yayasan penerima bantuan sekolah darurat tersebut menyampaikan kebahagiaannya atas bantuan tersebut. “Sejak gempa kedua, belum ada pejabat yang datang. Kami paham, karena saking banyaknya kegiatan mereka, alhamdulillah, hari ini Ditlantas Polda NTB mewakili pemerintah untuk datang dan membantu kami. Pak Bupati juga hadir, ini merupakan kebahagian kami selaku warga masyarakat yang terdampak gempa dan tinggal di pelosok,” ujar Bapak Sumardi di hadapan para pejabat dan tamu undangan.

Kegiatan Puncak acara HUT Polantas ke 63 Ditlantas Polda NTB itu diakhiri dengan makan siang bersama setelah sebelumnya telah dilaksanakan juga pembagian 600 nasi kotak, 200 tas sekolah beserta isinya, pembagian 2 tanki air bersih kepada kampung pelosok yang tidak ada sumber airnya, dan Pembagian hadiah bagi juara Lomba mewarnai dan pembacaan puisi Polisi Lalu Lintas.

(IBA)