Perusahaan Tambang di Hu’u Dompu Didesak Hentikan Operasi

Perusahaan Tambang di Hu’u Dompu Didesak Hentikan OperasiReviewed by adminon.This Is Article AboutPerusahaan Tambang di Hu’u Dompu Didesak Hentikan OperasiMataram (Detikntbcom,- Sekelompok aktivis yang tergabung dalam Lembaga Pengawas Tambang (LPT) NTB Mengecam keras atas operasi PT. Sumbawa Timur Mining (STM) di Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu. Dalam Pers Realese yang diterima oleh Detikntbcom, Kabid Aksi dan Advokasi LPT NTB, Muhammad Nor,. SH. mengungkapkan bahwa tambang telah menyebabkan ancaman besar terhadap masyarakat. Mulai dari hilangnya mata […]
Ilustrasi ekploitasi tambang yang ada di Hu'u Dompu (Dok. Istimewa)

Mataram (Detikntbcom,- Sekelompok aktivis yang tergabung dalam Lembaga Pengawas Tambang (LPT) NTB Mengecam keras atas operasi PT. Sumbawa Timur Mining (STM) di Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu.

Dalam Pers Realese yang diterima oleh Detikntbcom, Kabid Aksi dan Advokasi LPT NTB, Muhammad Nor,. SH.

Kabid Aksi dan Advokasi LPT NTB, Muhammad Nor,. SH (Dok. Istimewa)

mengungkapkan bahwa tambang telah menyebabkan ancaman besar terhadap masyarakat. Mulai dari hilangnya mata pencaharian, hilangnya lahan pertanian dan peternakan, ada ancaman terhadap kesehatan masyarakat, ketahanan pangan, kerentanan hukum hingga berbagai macam aspek ancaman lainnya.

“Tidak ada alasan bagi kita untuk membiarkan pertambangan merusak tanah kita,” tegasnya.

Dia menegaskan, sebelum meratapi kehancuran di tanah warisan leluhur, masyarakat harus hidup melawan untuk sama-sama menolak kehadiran pertambangan.

Dengan itu mereka menuntut dan mendesak pemerintah Provinsi NTB sebagai berikut :

  1. Mendesak Pemerintah untuk tidak memberikan rekomendasi Izin Pembebasan lahan
  2. Mendesak Pemerintah Provinsi NTB untuk tidak menerbitkan izin AMDAL.
  3. Mendesak pemerintah provinsi NTB membatalkan Izin Usaha Pertambangan (IUP) Eksploitasi.
  4. Mendesak Pemerintah Provinsi NTB untuk menyatakan sikap tegas tentang penolakan tambang.
  5. Pemerintah daerah harus lebih serius dalam pembangunan wilayah Dompu, terutama sektor pertanian, budaya, dan pariwisata, yang lebih menjanjikan untuk kesejahteraan masyarakat dibandingkan pertambangan.
  6. Mendesak pemerintah untuk melihat lebih serius lokasi keberadaan tambang yang menganggu kelancaran proses belajar dan mengajar siswa yang ada disekitar lingkaran tambang. (Iba)