Penjabat Sekda NTB Dituding Gagal Bentuk Pansel

Penjabat Sekda NTB Dituding Gagal Bentuk PanselReviewed by adminon.This Is Article AboutPenjabat Sekda NTB Dituding Gagal Bentuk PanselMataram (DetikNTB.com),- Pembentukan Panitia Seleksi (Pansel) oleh Sekda NTB nampaknya tidak memungkinkan lagi untuk dibuat, sementara pembentukan Pansel maksimalnya adalah 15 hari kerja terhitung sebelum berakhir masa jabatannya 13 September 2019 dan minimal 5 hari kerja setelah kekosongan Sekda. Namun, jika dihitung hari ini, 3 September 2019 sampai tanggal 13 September tersisa hanya 10 hari […]
Foto: Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Ruslan Turmudzi

Mataram (DetikNTB.com),- Pembentukan Panitia Seleksi (Pansel) oleh Sekda NTB nampaknya tidak memungkinkan lagi untuk dibuat, sementara pembentukan Pansel maksimalnya adalah 15 hari kerja terhitung sebelum berakhir masa jabatannya 13 September 2019 dan minimal 5 hari kerja setelah kekosongan Sekda.

Namun, jika dihitung hari ini, 3 September 2019 sampai tanggal 13 September tersisa hanya 10 hari kerja.

Karena sesuai dengan Perpres nomor 3 tahun 2018 pasal 10 ayat 1 tentang Penjabat Sekda yakni proses seleksi terbuka pengisian sekretaris daerah oleh kepala daerah harus sudah dimulai paling lambat 5 (lima) hari kerja terhitung sejak terjadinya kekosongan sekretaris daerah.

Dalam hal jangka waktu 3 (tiga) bulan terjadinya kekosongan sekretaris daerah terlampaui dan sekretaris daerah definitif belum ditetapkan, paling lama 5 (lima) hari kerja, menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan dalam negeri menunjuk penjabat Sekda Provinsi yang memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6, dan Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat  menunjuk penjabat Sekda kabupaten/kota yang memenuhi persyaratan
sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6.

Artinya menurut ketua Fraksi PDI Perjuangan, Ruslan Turmudzi bahwa menurut Perpres tersebut, penjabat Sekda NTB sekarang ini yakni Iswandi tidak memungkinkan membentuk Pansel.

“Artinya penjabat Sekda (Iswandi) gagal,” tegas politisi Udayana yang juga bakal calon Bupati Lombok Tengah ini, Selasa (03/09) siang di Mataram.

Karena Pansel ini katanya bekerja dan melakukan melakukan pendaftaran sementara pendaftaran terhitung hanya 15 hari kerja sementara tersisa hanya 10 hari kerja.

“Tapi kalau pendaftarannya tanggal 20 Agustus bisalah memungkinkan dibuka, tapi ini sudah lewat,” terangnya.

Untuk diketahui, H. Iswandi dilantik menjadi Sekda NTB tanggal 13 Juni 2019 oleh Gubernur NTB dan akan berakhir pada, 13 September 2019. Artinya Mendagri akan menunjuk penjabat Sekda untuk melakukan dan bekerja membentuk Pansel sekda definitif selama 3 bulan. (Iba)