Pemerintah Kembangkan Agropolitan, Dompu Ditetapkan Sebagai KPPN

Pemerintah Kembangkan Agropolitan, Dompu Ditetapkan Sebagai KPPNReviewed by adminon.This Is Article AboutPemerintah Kembangkan Agropolitan, Dompu Ditetapkan Sebagai KPPNDOMPU – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah Menetapkan Kabupaten Dompu sebagai Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN), Kawasan Yang di tetapkan adalah Sebanyak 18 desa di dua kecamatan Manggelewa dan Kilo. Penetapan KPPN Ini di Sampaikan oleh Kepala Bidang Perencanaan Fisik dan Prasarana Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu, Miftahul Suhada ST. Saat ditemui Detik NTB […]

DOMPU – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah Menetapkan Kabupaten Dompu sebagai Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN), Kawasan Yang di tetapkan adalah Sebanyak 18 desa di dua kecamatan Manggelewa dan Kilo.

Penetapan KPPN Ini di Sampaikan oleh Kepala Bidang Perencanaan Fisik dan Prasarana Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu, Miftahul Suhada ST. Saat ditemui Detik NTB Di Kantor Bappeda Kab. Dompu, Rabu 8/11/2017.
“Di Kabupaten Dompu sebanyak 18 Desa dari dua kecamatan Manggelewa dan Kilo telah di tetapkan Oleh Bapenas Sebagai Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional” Ujarnya

Lebih Lanjut Ia menjelaskan terdapat 5 KPPN yg telah ditetapkan Oleh Bapenas yaitu di tiga kepulauan, di antaranya kepulauan Sulawesi, Kalimantan dan Sumbawa, Dan satu-satunya di kepulauan Sumbawa adalah KPPN Dompu”
“Dengan adanya penetapan KPPN ini, merupakan peluang dan pintu baru bagi pemerintah Kabupaten Dompu untuk menjadikan prioritas dalam percepatan pembangunan kawasan perdesaan” Terangnya.

Menurutnya, KPPN Dompu memiliki potensi agropolitan seperti padi, jagung, jambu mete, tembakau, rumput laut, perikanan tangkap dan pariwisata yang harus dikembangkan secara maksimal.

Untuk menunjang pengembangan potensi agropolitan di kawasan perdesaan tersebut, harus didukung sarana dan prasarana utama yang memadai.

Miftahul Suhada menjelaskan, Sarana prasarana utama yang akan dikembangkan atau dibangun untuk menunjang kawasan KPPN, antara lain pembangunan lantai jemur dalam skala besar, pembangunan gedung pemipil dan pengering jagung, pembangunan gedung pengolahan Jagung, pembangunan gudang pengolahan jagung, dan percepatan pembangunan Pelabuhan Kilo.
“Adanya KPPN ini diharapkan dapat menjadi motor penggerak bagi desa-desa lain di indonesia untuk berkembang” pungkasnya. (46)