NTB Resmi Miliki Dua Cagar Biosfer Dunia

NTB Resmi Miliki Dua Cagar Biosfer DuniaReviewed by adminon.This Is Article AboutNTB Resmi Miliki Dua Cagar Biosfer DuniaMataram (DetikNTB.com),- The 31st session of the Man and the Biosphere (MAB) Programme International Coordinating Council di Paris, Prancis, resmi ditutup dan sejumlah pekerjaan besar kini menanti. Dan rangkaian agenda pertemuan MAB tersebut, kini NTB resmi memiliki dua cagar biosfer dunia, yaitu Gunung Rinjani dan kawasan Samota (Teluk Saleh, Pulau Moyo, Gunung Tambora). ‘’Kita memiliki […]
Foto: Gunung rinjani yhang ditetapkan sebagai cagar biosfer dunia oleh Unesco beberapa tahun lalu, tahun ini Kawasan Samota jugta ditetapkan

Mataram (DetikNTB.com),- The 31st session of the Man and the Biosphere (MAB) Programme International Coordinating Council di Paris, Prancis, resmi ditutup dan sejumlah pekerjaan besar kini menanti.

Dan rangkaian agenda pertemuan MAB tersebut, kini NTB resmi memiliki dua cagar biosfer dunia, yaitu Gunung Rinjani dan kawasan Samota (Teluk Saleh, Pulau Moyo, Gunung Tambora).

‘’Kita memiliki tugas besar untuk menjaga, mengelola dan mengembangkan cagar biosfer ini agar predikat yang telah kita terima pada pertemuan ini tidak hanya di atas kertas,’’ kata Wagub NTB, Hj Rohmi melalui keterangan tertulisnya, Jumat (21/6).

Selain itu, dengan diresmikannya Cagar Biosfer Samota oleh UNESCO, maka Samota akan menjadi bagian dari jaringan cagar biosfer dunia. Dan diharapkan, hal ini akan mendorong pemerintah daerah untuk mendukung program pembangunan berkelanjutan. Babak baru setelah peresmian ini akan diiringi sejumlah tugas besar bagi semua pihak.

Dan penetapan Samota sebagai cagar biosfer dunia membutuhkan dukungan banyak pihak. Mulai dari masyarakat di kawasan tersebut, para pengambil kebijakan, pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota di NTB, dan pihak-pihak terkait lainnya.

‘’Kita berharap semua pihak bisa mendorong agar cagar biosfer ini bisa dipertahankan fungsinya, sembari kita terus membangun dan mengembangkannya,’’ ujar Wagub Rohmi. (Iba)