Detik NTB

Berita Nusa Tenggara Barat

Breaking News Peristiwa

NTB Diguncang Gempa 6.4 SR, Ditlantas Polda NTB Kirim Bantuan

Sumbawa,- Gempa bumi tektonik melanda wilayah Bali, Lombok, dan Sumbawa, Ahad (29/07) pagi pukul 05.47 WIT. Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyatakan gempa tersebut memiliki kekuatan 6,4 skala Richter.

“Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,4 Lintang Selatan dan 116,5 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 47 km arah timur laut Kota Mataram, Propinsi Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 24 km,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono melalui keterangan tertulis, Ahad, 29 Juli 2018.

Hingga pukul 07.39 WIB, telah terjadi 31 gempa bumi susulan di wilayah Bali, Lombok, dan Sumbawa. “Gempa bumi ini tak berpotensi tsunami,” kata dia.

Direktur Lalu Lintas Polda NTB KBP Arman Achdiat S.IK.M.Si yang saat kejadian gempa berada di Pulau Sumbawa untuk ikut melakukan Pengawalan Kunjungan Presiden RI Bapak Joko Widodo langsung memberikan perintah kepada Jajaran Ditlantas Polda NTB untuk langsung terjun ke lokasi gempa mengantar bantuan dan membentuk Posko bantuan.

“Bawa bantuan berupa bahan makanan, obat-obatan dan pakaian, serta popok untuk bayi. Pagi langsung bergerak, Kanit Kamsel AKBP Lalu Adnan akan memimpin tim bantuan bersama Kanit Regident Kompol Nurhadi. Titik sasaran, silahkan koordinasi dengan BNPB atau instansi terkait di lapangan”, Perintah Dirlantas Polda NTB kepada jajarannya melalui pesan whatsapp.

Antisipasi Kunjungan Presiden ke Lokasi Gempa

Disamping memerintahkan jajaran Ditlantas Polda NTB, KBP Arman Achdiat S.IK.M.Si juga mengarahkan PJR Ditlantas Polda NTB untuk menyiapkan kendaraan untuk mengantisipasi kunjungan Jokowi ke lokasi gempa.

“Cek kendaraan Pengawalan, termasuk di Satlantas se Pulau Lombok. Kalau Pak Jokowi akan melakukan kunjungan, jajaran sudah siap” demikian jelas Arman Achdiat menambahkan arahannya kepada semua jajaran Ditlantas Polda NTB dan Satlantas se Pulau Lombok.

Pagi ini, Tim Bantuan Ditlantas Polda NTB berangkat dengan membawa bahan bantuan seperti bahan makanan, obat obatan, pakaian anak-anak dan kebutuhan lainnya. Kompol Nurhadi menyampaikan bahwa semua anggota tim yang berangkat akan dibagi ke beberapa titik lokasi prioritas bantuan.

“Alhamdulillah, bantuan tahap pertama sudah siap, akan ada bantuan lanjutan setelah kita melihat langsung kondisi para korban dan akan berkoordinasi dengan BNPB maupun PMI serta pemerintah setempat”, terangnya sebelum berangkat membawa bantuan Ditlantas Polda NTB ke lokasi lokasi bencana gempa.

(IBA)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *