Meski Datang Dari Timur Matahari, IKKB Semangat Bantu Korban Gempa

Meski Datang Dari Timur Matahari, IKKB Semangat Bantu Korban Gempa
Kepala Suku IKKB Sorong Raya Papua Barat Edi Sabara menyerahkan bantua pada ibu lansia

Lombok Utara,- Tidak hentinya bantuan dari para relawan berdatangan pasca gempa yang meluluh lantahkan Lombok dan Sumbawa bulan kemarin. Meski datang dari timur matahari tidak memudarkan semangat mereka untuk membantu meringankan beban masyarakat Lombok yang terdampak gempa.

Adalah dari Ikatan Kerukunan Keluarga Bima (IKKB) Sorong Raya Papua Barat. Mereka datang dari jauh hanya untuk menyalurkan bantuan berbagai kebutuhan korban gempa seperti pangan, kebutuhan sekolah, tenda alternatif layak huni dan lainnya. Bantuan tersebut disalurkan melalui posko II Uma Kalikuma yang bertempat di Desa Sesait Kecamatan Kayangan Lombok Utara.

Menurut kepala suku Bima Sorong Papua Barat Edi Sabara kepada detikntb.com menuturkan, barang bantuan yang disalurkan tersebut bersumber dari hasil penggalangan dana warga Bima yang ada di Sorong Raya Papua Barat.

“Dana hasil penggalangan dari Seluruh anggota IKKB ini sebenarnya sudah rampung cukup lama, namun faktor informasi dan data valid untuk titik pendistribusian barang dan kebutuhan korban bencana yang belum ada sehingga tertunda dan akhirnya dapat disalurkan hari ini,” tutur Kepala Suku Bima Sorong Raya Edi Sabara pada media ini, Selasa (18/09).  Edi menambahkan, fasilitas pembelanjaan kebutuhan, pendropingan, hingga akses pendistribusian barang terhandle semua oleh Tim Kalikuma Volunteer yang berposko tetap di desa Sesait Kecamatan Kayangan Lombok Utara.

“Mewakili IKKB Sorong, saya mengucapkan terima kasih yang sangat mendalam (kepada tim Kalikuma Volunteer),” ucapnya.

Salah satu ketua RT di desa tersebut bernama Ahmad mengaku, bantuan yang disalurkan ke desanya tersbeut sangat bermanfaat dan berterima kasih kepda IKKB atas semua bentuk bantuan yang disalurkan. “Terima kasih banyak, semoga bantuan ini bermanfaat dan bernilai Ibadah, amin!,” tutur Ahmad.

Koordinator posko Uma Kalikuma Ardy S menambahkan, kebutuhan yang sudah didistribusikan sementara di Dusun Sumur Pande Lauk dan Sumur Pande desa Sesait Tengah berupa pangan, pakaian, tenda lansia dan tenda ibu menyusui, sementara sisanya akan didistribusi kembali oleh team Kalikuma Volunteer di desa yang lain membutuhkan.

Ardy meneruskan, bantuan yang telah masuk di posko utama Kalikuma adalah semua perlengkapan sekolah serta tenda alternatif merupakan sumbangan yang diprioritaskan sesuai dengan program posko Uma Kalikuma, sementara untuk diketahui, sekolah tenda alternatif akan dimulai awal Oktober 2018.

(IBA)