Mega Proyek Dam Raba Baka Kompleks Akan Diresmikan Presiden

Mega Proyek Dam Raba Baka Kompleks Akan Diresmikan PresidenReviewed by adminon.This Is Article AboutMega Proyek Dam Raba Baka Kompleks Akan Diresmikan PresidenDOMPU – Pembangunan Mega Proyek Bendungan Raba Baka Kompleks di Desa Tanju, Kecamatan Manggelewa, Dompu. Rencananya Akan di isi air ( digenangkan ) mulai bulan Desember 2017. Bendungan yang menelan total Anggaran Rp 1 triliun ini akan mengairi sawah seluas 4.039 ha sawah, kebutuhan air bersih dan keperluan listrik bagi 100.000 penduduk. Bendungan Tanju dan […]

DOMPU – Pembangunan Mega Proyek Bendungan Raba Baka Kompleks di Desa Tanju, Kecamatan Manggelewa, Dompu. Rencananya Akan di isi air ( digenangkan ) mulai bulan Desember 2017.

Bendungan yang menelan total Anggaran Rp 1 triliun ini akan mengairi sawah seluas 4.039 ha sawah, kebutuhan air bersih dan keperluan listrik bagi 100.000 penduduk.

Bendungan Tanju dan Mila merupakan paket bendungan terintegrasi dan pengoperasiannya di lakukan secara paralel yang berbeda dengan bendungan pada umumnya yang pengoperasiannya di lakukan secara mandiri.

PT Hutama Karya dan PT Nindya Karya selaku kontraktor Menyambung dua bendungan ini Lewat Dua Trowongan yang menembus gunung menuju Bendungan Rababaka Yang Sudah ada sebelumnya.

Nantinya Trowongan Bendungan Mila dibangun sepanjang 666 meter yang memiliki tampungan 6 juta m3, dengan output kecepatan keterisian 1,2 m3/detik dan terowongan bendungan Tanju sepanjang 1,7 km yang akan membawa air dengan kecepatan 1,9 m3/s ke bendungan Tanju.

Menurut Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara I (NTB dan NTT) Direktorat Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Asdin Julaidy, Rabu, 25/10/2017, Pada Saat menerima perwakilan masyarakat yang melakukan Aksi pemblokiran pintu masuk proyek bendungan, Menuntut pembayaran sisa lahan bendungan. Bahwa Menga Proyek Ini Akan segera Di resmikan oleh Presiden Jokowi Dodo Di Akhir Bulan Desember 2017 ini. (46)