Kapal Pesiar Mewah MV Sun Princess Bawa 2000 Wisatawan ke Lombok

Kapal Pesiar Mewah MV Sun Princess Bawa 2000 Wisatawan ke Lombok
Foto: Sejumlah turis bersandar di Pelabuhan Lembar Lombok Barat memakai Kapal Pesiar

Lombok Barat (Detik NTB),- Kapal mewah MV. Sun Princess tiba di Lombok melalui Pelabuhan Lembar. Kapal yang membawa wisatawan sebanyak 2.191 orang dengan jumlah crew kapal 855 orang ini, memiliki panjang 261 meter dan di Nahkodai oleh Capt.Jon Paul Briyant. Sun Princess datang langsung dari Pelabuhan Darwin, Australia, tiba pada pukul 06.15 Wita.

Saat ribuan wisatawan asing ini bertandang dan menapaki kaki di tanah Lombok NTB, tarian Lombok ”Gendang Be’leq” menjadi suguhan pada saat mereka turun dari sekoci kapal milik MV. Sun Princess.

General Manager Pelindo III Lembar Erry Ardiyanto menyampaikan, kunjungan wisatawan yang menggunakan Kapal Cruise sekarang ini, merupakan upaya promosi dan kerja keras Pemerintah Nusa Tenggara Barat. Khususnya Dinas Pariwisata Provinsi NTB dan Dinas Pariwisata Kab Lombok Barat, yang terus bersama-sama berupaya membangun dan melakukan penataan objek wisata recovery pasca gempa.

“Karena dengan kedatangan ribuan wisatawan ini, tentu membawa dampak positif bagi kebangkitan pariwisata di pulau lombok,” ujarnya.

Dengan membawa penumpang ribuan orang ke pulau lombok lanjut Erri, tentu akan terjadi transaksi berupa jasa transportasi kemudian berbalanja makanan dan souvenir. Selain itu wisatawan juga akan mengunjungi Obyek-Obyek wisata seperti Taman Pura Narmada, Taman Pura Mayure, Gili Trawangan,Gili Nangu dan masih banyak lagi.

“Sudah barang tentu, kunjungan wisatawan ini dapat memberikan kontribusi yang banyak untuk kita,” terangnya.

Menurutnya, dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat kegiatan kunjugngan kapal pesiar melalui Pelabuhan Lembar, Pelindo III Lembar berkoordinasi dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Lembar,Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan Lembar,Polairud,Basarnas,Dinas Pariwisata NTB, Dinas Pariwisata Lobar.

Diketahui, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang juga dikenal dengan Pelindo III adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang jasa Kepelabuhanan. Tugas, wewenang dan tanggung jawab Pelindo III mengelola 43 pelabuhan yang tersebar.

Selain itu, Pelindo III menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut. Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, Pelindo III mampu menggerakkan serta mendorong kegiatan ekonomi negara dan masyarakat. (W@N)