Gubernur Zul Berhasil Damaikan Masyarakat Lunyuk Sumbawa

Gubernur Zul Berhasil Damaikan Masyarakat Lunyuk Sumbawa

Sumbawa,- Ditemani sejumlah pejabat dan Forkominda serta tokoh agama Kabupaten Sumbawa, Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah mengunjungi masyarakat hindu yang berada di wilayah Lunyuk, Kabupaten Sumbawa, selasa (25/12).

Kedatangan gubernur di sambut hangat masyarakat hindu yang berada di kawasan ini. Kedatangan gubernur tersebut sebagai upaya mencegah meluasnya aksi anarkis warga yang melakukan perusakan dan pelemparan tempat ibadah milik masyarakat hindu.

Dalam dialog tersebut gubernur menyampaikan adanya kesalahpahaman terkait adanya postingan salah satu warga di sosial media yang berujung pada perusakan tempat ibadah. Namun gubernur menyatakan oknum yang memposting persoalan sara tersebut telah di tangani aparat kepolisian. 

Gubernur juga meminta kepada masyarakat agar menahan diri dan menyelesaikan persoalan dengan cara kekeluargaa dan bermusyawarah. Selain itu gubernur juga menghimbau siapapun untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial.

Adanya pelemparan terhadap rumah ibadah milik umat hindu menurut gubernur lebih disebabkan karena kesalahpahaman dan adanya komunikasi yang terputus. 

“Jadi mohon diskusi dan postingan yang membuat hangat segera kita hentikan karena masyarakat di sini aman tenang dan bersahabat, bahwa ada riak karena salah paham betul. Sudah diselesaikan secara hukum. Terima kasih kepada pihak kepolisian yang telah bertindak sangat cepat. Begitu juga teman teman TNI dan tokoh masyarakat di sini,” ujarnya. 

Gubernur berjanji kerusakan akibat pelemparan ini akan segera di perbaiki dan biaya perbaikan di tanggung sepenuhnya oleh Pemprov NTB. 

“Kalau ada rusak genteng dan pagar sedikit segera akan kami perbaiki, jadi mari kita semua bermedia sosial dengan bertanggungjawab. Jangan menshare berita tanpa klarifikasi,” pungkasnya. 
Diakhir pertemuan gubernur mengingatkan untuk tetap saling menjaga, dan saling menghargai serta saling menghormati. (Iba)