Gelar Testing, BLK NTB Jaring Ratusan Calon PBK

Gelar Testing, BLK NTB Jaring Ratusan Calon PBKReviewed by adminon.This Is Article AboutGelar Testing, BLK NTB Jaring Ratusan Calon PBKMataram (DetikNTB.com),- Buka penjaringan penerimaan calon Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) tahap lll, Senin (24/6) aula pertemuan kemarin, BLK NTB melakukan proses tes seleksi yang diikuti sebanyak 826 orang peserta. Antusias ratusan peserta seleksi calon PBK di 12 kejuruan ini, semuanya mengenakan pakaian seragam hitam putih. Tampak peserta riuh memenuhi halaman BLK untuk mengisi absensi yang […]
Foto: Suasana Sebelum Tes Tulis Di Aula BLK NTB, Panitia Memberikan Pengarahan Kepada Peserta

Mataram (DetikNTB.com),- Buka penjaringan penerimaan calon Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) tahap lll, Senin (24/6) aula pertemuan kemarin, BLK NTB melakukan proses tes seleksi yang diikuti sebanyak 826 orang peserta.

Antusias ratusan peserta seleksi calon PBK di 12 kejuruan ini, semuanya mengenakan pakaian seragam hitam putih. Tampak peserta riuh memenuhi halaman BLK untuk mengisi absensi yang disediakan pihak panitia.

Kepala BLK NTB Hj. Sri Wilujeng yang dikonfirmasi menjelaskan, melihat kehadiran peserta calon PBK yang datang sekarang ini tidak sebanyak jumlah pendaftar. Dari dua ribuan lebih pendaftar hanya 826 peserta yang mengikuti tes seleksi.

“Kenyataan pada hari hal tes seleksi ini, hanya 826 yang ikut,” terangnya.

Hj. Sri Wilujeng menyebutkan, pihaknya membuka paket PBK tahap lll sekarang ini sebanyak 12 kejuruan dan akan  mengakomodir sebanyak 288 orang. Jumlah tersebut sesuai dengan kuota yang sudah ditentukan berdasarkan kebutuhan.

“Berangkat dari 18 paket yang ada, hanya 288 orang saja yang akan diterima,” jelasnya.

Hampir ribuan  peserta ini lanjutnya, akan mengikuti seleksi sesuai dengan kejuruan berdasarkan pilihan peserta. Paket kejuruan ini seperti kejuruan Komputer Administrasi Assistant, Junior Administratif Assistant, Pembuatan Disain Grafis, Practical Office, TPHP,  Listrik, Menjahit, Juru Las SMAW 3 G, AC Split, Sepeda Motor Injeksi, Mobil Injeksi dan Pariwisata.

“Kita seleksi ketat, baik dari segi nilai akademik, mental, disiplin hingga keterampilan. Dari interview juga akan tahu seberapa besar keinginan mereka untuk mengikuti pelatihan dan bekerja,” kata wanita berjilbab  yang biasa disapa Ibu Luluk ini.

Proses seleksi dilakukan untuk menjaring peserta yang benar-benar berkualitas dan memiliki kemauan tinggi untuk bekerja. Karenanya,  selain ada test tulis juga ada wawancara.

“Dari hasil penjaringan melalui tes seleksi, sudah barang tentu akan diterima dengan nilai terbaik mereka,”  ujarnya.

Sesuai jumlah paketan yang ada, masing masing akan dihimpun 16 orang. PBK nanti berdasarkan kejuruan, ada yg 20 hari, 35 hari dan ada juga yang sampai 45 hari. Intinya, tiap kejuruan beda beda.

” Dari semua jurusan, penyumbang minat peserta terbanyak adalah perhotelan disusul  menjahit dan ketiga TPHP,” ungkapnya.

PBK ini tidak hanya sampai disini saja, karena sebagai lanjutan dari pelatihan nanti, BLK akan melaksanakan uji kompetensi, dan usai uji kompetensi akan diikutkan Onder job training, tutupnya.

Pantuan media ini, sesaat sebelum tes dimulai, panitia meminta agar semua peserta untuk mematikan Handphone kepada masing masing peserta, agar tidak mengusik keberlangsungan proses tes yang dimaksud, barulah panitia membagikan satu persatu soal yang disediakan panitia serta rangkaian doa. (W@N)