Erupsi Gunung Agung Mengarah Ke Lombok.

Erupsi Gunung Agung Mengarah Ke Lombok.Reviewed by adminon.This Is Article AboutErupsi Gunung Agung Mengarah Ke Lombok.Bali-Karangasem- Gunung Agung yang terletak di Kabupaten Karangasem Bali kembali mengalami letusan yang mengkhawatirkan banyak pihak bukan hanya khusus Bali namun juga masyarakat Lombok yang secara geografis dekat dengan Bali yaitu sebelah timur Pulau Bali. Menurut petugas BMKG Sutopo(26/11/2017), abu vulkanik berpotensi besar menuji ke arah timur yakni daerah Lombok. “Menurut analisis, sebaran abu vulkanik […]
Foto: Erupsi Gunung Agung

Bali-Karangasem- Gunung Agung yang terletak di Kabupaten Karangasem Bali kembali mengalami letusan yang mengkhawatirkan banyak pihak bukan hanya khusus Bali namun juga masyarakat Lombok yang secara geografis dekat dengan Bali yaitu sebelah timur Pulau Bali.

Menurut petugas BMKG Sutopo(26/11/2017), abu vulkanik berpotensi besar menuji ke arah timur yakni daerah Lombok.

“Menurut analisis, sebaran abu vulkanik menunjukan mengarah ke arah Lombok” Ungkap Sutopo dalam keterangan tertulisnya.

Pukul 06.20 WITA tinggi erupsi Gunung Agung mencapai 3.000 meter hingga 4.000 meter dari puncak mengarah ke tenggara dengan kecepatan 18 km per jam.

Sementara petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) I Gede Suantika menjelaskan, munculnya asap tinggi ini diperkirakan karena adanya intrusi magma besar-besaran, sehingga menghasilkan daya dorong yang cukup besar.

“Terjadi intrusi magma besar-besaran, saat masih siaga, kami terus pantau,” lanjutnya.

Suantika menghimbau agar warga dalam beraktivitas tetap menggunakan masker. Bahkan dalam kondisi tertentu, warga diminta tetap berada dalam rumah.

“Kalau abunya sudah sangat tebal sebaiknya tetap berada dalam rumah,” kata Kasubid Mitigasi PVMBG I Gede Suantika

Gunung Agung sudah 3 kali mengalami letusan. Letusan pertama terjadi pada Selasa 21 November pukul 17.05 Wita disertai kepulan asap setinggi 700 meter dan lontaran abu. Letusan kedua dan ketiga terjadi hari ini. (ak)