DPRD NTB dorong pemerintah jadikan wisata agro jadi sektor unggulan  

DPRD NTB dorong pemerintah jadikan wisata agro jadi sektor unggulan  Reviewed by adminon.This Is Article AboutDPRD NTB dorong pemerintah jadikan wisata agro jadi sektor unggulan  Yogyakarta (Detikntbcom),- Sektor pariwisata salah satu Sektor Utama Pendapatan Asli Daerah (PAD) di  Nusa Tenggara Barat (NTB) Namun hingga kini, beberapa objek wisata Agro baik perkebunan dan Pertanian belum digarap secara maksimal selain Wisata laut untuk dijadikan Spot wisata andalan unggulan meningkatkan PAD. Hal itu bisa terlaksana dengan baik, apabila ada dukungan serius sejumlah pihak, […]
Anggota DPRD NTB bersama Forum Wartawan dan Kasi Kominfotik NTB tengaha mengunjungi Swarga Bumi Resort di Magelang

Yogyakarta (Detikntbcom),- Sektor pariwisata salah satu Sektor Utama Pendapatan Asli Daerah (PAD) di  Nusa Tenggara Barat (NTB) Namun hingga kini, beberapa objek wisata Agro baik perkebunan dan Pertanian belum digarap secara maksimal selain Wisata laut untuk dijadikan Spot wisata andalan unggulan meningkatkan PAD.

Hal itu bisa terlaksana dengan baik, apabila ada dukungan serius sejumlah pihak, adanya sinergi yang baik yakni pemerintah serta masyarakat.

“Dengan didukung manajemen yang baik serta pengelolaan secara matang insya Allah bisa menjadi salah satu solusi geliatnya sektor wisata di tengah Pandemi Covid-19. Paling penting adalah pelaksanaannya harus tepat untuk kesejahteraan masyarakat itu sendiri dan secara tidak langsung pelibatan masyarakat dan pemuda setempat terjadi,” ungkap Abdul Rauf selaku Anggota DPRD Provinsi NTB kepada wartawan, Jum’at (16/10) saat press trip bersama forum wartawan DPRD NTB.

Legislator Partai Demokrat Wakil Ketua Komisi II yang akrab disapa bang Rauf ini kembali menegaskan, beberapa objek wisata dapat diandalkan untuk mendongkrak PAD selain potensi laut kita, kita juga memiliki kawasan kebun, Hutan dan sektor pertanian untuk digarap sebagai daya tarik jadi spot wisata unggulan sebenarnya, “bahkan sebenarnya kalo dibandingkan Desa Wisata Svarga Bumi daya tariknya jauh lebih bagus di sejumlah daerah di NTB kalo ditata dan dikelola dengan baik,” ungkap bang rauf.

Pemerintah Daerah (Pemda), baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota, menurut Bang Rauf mesti serius lagi mengembangkan sejumlah objek wisata tersebut. Dalam proses pengembangannya memang, menurutnya, mesti melibatkan pihak ketiga, baik pengelolaannya, maupun dalam upaya mendatangkan wisatawan secara periodik di NTB.

Selain itu, ia menambahkan, melihat Bagaimana pengelolaan lahan yang ada di NTB yang sebagian bisa dimaksimalkan untuk pariwisata yang lahan pertaniannya sangat tidak produktif. “ia, kan banyak lahan di NTB, hanya saja kemauan dari masyarakat mungkin saja masih kurang, ditambah lagi dari pemerintah itu sendiri,” imbuhnya.

Selain itu, ia menjelaskan, tentunya di tengah pandemi covid-19 ini tidak tahu kapan akan berakhir tidak ada yang berani memastikan kapan, bahkan dunia pun tidak berani memastikan kapan akan berakhir. Nah katanya, kreatifitas inovatif semacam ini di desa di NTB justru pemerintah terkait harus mendorong agar masyarakat di desa itu mau berinovasi dan berkreatifitas dalam usaha pemanfaatan dari pada lahan-lahan yang mereka miliki di masing-masing desa.

“Untuk itu, kita bangun dan mengajak warga masyarakatnya bangun seperti ini untuk selanjutnya dijual melalui produk online atau melalui media sosial,”tambahnya.

Sementara, Duta Partai Golkar menjelaskan, Setelah kita lihat Svarga Bumi yang ada di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang Jawa Tengah yang luar biasa penuh Inovasi dari masyarakat, pemerintah maupun pihak ketiga dari kalangan swasta.

“Sehingga kenapa tidak jika kita minta kepada kepala desa yang ada di NTB yang lahan pertaniannya produktif mengajak warganya untuk bangun seperti ini,” ungkap Lalu Satriawandi, salah seorang anggota DPRD NTB, di sela-sela kunjungan ke Desa Wisata Svarga Bumi. (Iba)