Dewan Soroti Kebakaran Sejumlah Tempat di NTB

Dewan Soroti Kebakaran Sejumlah Tempat di NTBReviewed by adminon.This Is Article AboutDewan Soroti Kebakaran Sejumlah Tempat di NTBMataram (DetikNTB.com),- Musim kemarau panjang yang melanda hamper diseluruh Kabupaten/Kota lingkup Nusa Tenggara Barat cukup menjadi perhatian. Selain air bersih, kini peristiwa kebakaran terjadi dibeberapa daerah lingkup NTB. Hal inipun menjadi sorotan pihak DPRD NTB. Contoh, kebakaran yang terjadi di Pulau Sumbawa dan Lombok, yaitu Kawasan Gunung Tambora, Rinjani bahkan baru-baru ini TPA Kebon Kongok. […]
Foto: Kebakaran lahan di kaki gunung Rinjani baru-baru ini (Ist)

Mataram (DetikNTB.com),- Musim kemarau panjang yang melanda hamper diseluruh Kabupaten/Kota lingkup Nusa Tenggara Barat cukup menjadi perhatian.

Selain air bersih, kini peristiwa kebakaran terjadi dibeberapa daerah lingkup NTB. Hal inipun menjadi sorotan pihak DPRD NTB.

Contoh, kebakaran yang terjadi di Pulau Sumbawa dan Lombok, yaitu Kawasan Gunung Tambora, Rinjani bahkan baru-baru ini TPA Kebon Kongok.

Anggota DPRD NTB, Khairul Rizal akhirnya angkat bicara. Ia menilai peran SKPD atau instansi terkait kurang berkoordinasi dalam melakukan penanganan kebakaran.

Seharusnya kata dia, sikap koordinasi harus diperkuat antara peran provinsi dan kabupaten/kota di NTB. Kebakaran ini kata politisi Nasdem itu, seharusnya bisa ditangani secara cepat.

“Saya kira penanganan kebakaran di sejumlah titik ini kurang koordinasi TNGR dengan Dinas LHK termasuk BPBD. Jadi masih lemah, kenapa tidak diantisipasi,” tutur Anggota Komisi II DPRD NTB itu, Senin (21/10) di Mataram.
Seharusnya instansi terkait bisa melakukan upaya antisipasi sambil mempelajari penyebab kebakaran. Ia mengambil satu contoh, pada saat sebelum terjadi kebakaran di Kebon Kongok dapat disiram secara maksimal.

Pria yang kerap disapa Rizal itu menilai dalam hal ini pihak TNGR yang bertangungjawab terhadap kebakaran hutan rinjani harusnya juga melibatkan dewan.

”Ini ada petugas ke sana saja kesasar, itu artinya koordinasi lemah. Coba kordinasi dengan kita dewan bisa bantu komunikasikan dengan bupati. Kan kita dewan banyak dapilnya contoh untuk di Sumbawa ada yang di Sumbawa begitu juga di Lombok kan ada yang di sini. kita harus dilibatkan,” tuturnya.

Disamping itu, pria yang dikenal santun dan cerdas ini memperkiraan bahwa peristiwa kebakaran tentunya akan mengganggu pariwisata NTB.

“Kalau kita cermati, memang sekarang ini kan puncak musim kemarau seharusnya bisa diantisipasi. Jadi intinya, perlu diperkuat koordinasi juga,” katanya. (Iba)