BM PAN Lombok Timur Bantu Evakuasi Korban Banjir

BM PAN Lombok Timur Bantu Evakuasi Korban BanjirReviewed by adminon.This Is Article AboutBM PAN Lombok Timur Bantu Evakuasi Korban BanjirLOMBOK TIMUR – Banjir yang menerjang lombok timur dari sore hingga malam hari, mengakibat beberapa jembatan dan beberapa desa terisolir. Ketua DPD BM PAN Lombok Timur Samsul Hasan Basri langsung turun ke lokasi banjir untuk membantu melakukan evakuasi terhadap masyarakat yang terkena dampak banjir. Samsul menjelaskan, hujan deras mulai dari sekitar pukul 14.10 wita, sehingga […]

LOMBOK TIMUR – Banjir yang menerjang lombok timur dari sore hingga malam hari, mengakibat beberapa jembatan dan beberapa desa terisolir. Ketua DPD BM PAN Lombok Timur Samsul Hasan Basri langsung turun ke lokasi banjir untuk membantu melakukan evakuasi terhadap masyarakat yang terkena dampak banjir.

Samsul menjelaskan, hujan deras mulai dari sekitar pukul 14.10 wita, sehingga beberapa bendungan diantaranya bendungan sepit, batu putek tidak bisa menampung debit air yg kemudian meluap ke rumah warga yg berada dipinggir sungai sekaligus menggusur rumah-rumah warga.

Samsul yang membawa beberapa pengurusnya untuk terjun langsung mengatakan kondisi desa yang terkena banjir cukup parah dan memprihatinkan. “Banjir yang tiba-tiba saja datang membuat masyarakat tidak siap. Sekarang masyarakat sementara tidak bisa masuk rumah dan mereka membutuhkan peralatan untuk istirahat. Sekarang juga kondisi cukup dingin”.

Informasi yang di sampaikan samsul, sementara kecamatan dan desa yang teridentifikasi di terjal banjir adalah Kecamatan Keruak, Jerowaru, Sakra dan Sakra Barat lalu Desa stungkep lingsar, Desa batu putik, Desa sepit, Desa senyiur, Dusun lokon, Desa batu rampe, Dusun bintang oros, Desa sepapan, Desa gunung rajak, Desa suangi.

“Namun belum dapat dipastikan secara pasti berapa jumlah desa. Pengurus saya lagi saya perintahkan untuk melakukan pendataan” ujar salah satu wakil ketua DPD KNPI NTB ini.

Untuk diketahui informasi yang berkembang, akibat jembatan jebol, air banjir meluap ke kampung senange, montong wasi, heler dan kampung penendeng bagian selatan. Info sementara sebagian rumah dikampung tersebut terbawa air.

“Pemerintah dan masyarakat NTB semoga bisa membantu segera korban banjir” tutup samsul dalam penuh harap.

Selain itu, banjir juga mengakibatkan Akses jalan dari Lombok tengah-Lombok timur (jalur Praya – Keruak) lumpuh dan (Sepapan-Jerowaru) lumpuh total. Di tambah sekitar 50 rumah rusak dan 1 korban jiwa.

Banjir yang datang secara tiba-tiba cukup mengagetkan warga. Saat banjir menerjang perkampungan, warga ada di dalam rumah masing-masing. Namun hingga berita ini di turunkan, belum dapat dipastikan dan dilakukan identifikasi kepastian adanya korban jiwa dan kerusakan. (ar)