Bersama Prof dan Doktor dari Bima, Hermawan Bahas Pendirian PTN

Bersama Prof dan Doktor dari Bima, Hermawan Bahas Pendirian PTNReviewed by adminon.This Is Article AboutBersama Prof dan Doktor dari Bima, Hermawan Bahas Pendirian PTNLombok Barat (DetikNTB.com),- Dalam rangka menggagas dan membahas pendirian Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Bima, puluhan Profesor dan Doktor asal Bima dan Dompu berkumpul di Hotel Jayakarta Senggigi, Lombok Barat. Pertemuan yang belangsung selama dua hari dan berakhir kemarin. Menurut Dr Hermawan Saputra Akademisi Universitas Indonesia, pembahasan terkait pendirian PTN di Bima merupakan rangkaian kegiatan […]
Foto: Puluhan profesor dan doktor dari Bima bahas pembangunan Bima

Lombok Barat (DetikNTB.com),- Dalam rangka menggagas dan membahas pendirian Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Bima, puluhan Profesor dan Doktor asal Bima dan Dompu berkumpul di Hotel Jayakarta Senggigi, Lombok Barat. Pertemuan yang belangsung selama dua hari dan berakhir kemarin.

Menurut Dr Hermawan Saputra Akademisi Universitas Indonesia, pembahasan terkait pendirian PTN di Bima merupakan rangkaian kegiatan lanjutan yang sebelumnya pernah dibahas.

Hermawan sapaan Dr Hermawan Saputra, berharap pasca pertemua ini ada langkah konkret yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah agar proses pendirian PTN di Bima bisa terealisasi, jangan sampai forum Profesor dan Doktor jalan sendiri tanpa ada dukungan dari Pemda setempat. Tentu dengan adanya PTN, dampaknya cukup besar terhadap pembangunan daerah.

“Jika sudah ada PTN, pemerintah daerah dapat menggandeng perguruan tinggi ini untuk pengembangan infrastruktur daerah dan pariwisata,”ungkap Hermawan, hari ini, 1/9/2019.

Salah satu fungsi tridharma perguruan tinggi adalah pengabdian masyarakat. Di sinilah yang harus di pikirkan oleh Pemda, dengan adanya SDM baik dosen maupun mahasiswa dapat memberikan solusi atas persoalan yang terjadi. Pembangunan kita juga tidak selalu pembangunan fisik namun ada banyak sumbangan pemikiran, ujarnya.

Lanjut Hermawan sumber daya alam di Bima dan Dompu cukup melimpah dan butuh di kelolah dengan baik terutama pariwisata.

“Kita punya laut yang indah, emas, mineral dan gunung Tambora namun selama ini belum maksimal pengelolaannya, mungkin dengan adanya PTN ini dapat memberikan masukan lewat penelitian dan pengabdiannya, bukan berarti perguruan tinggi swasta selama ini tidak menjalankan tridhrama perguruan tinggi namun dengan hadirnya PTN bisa menglengkapi yang kurang dan yang tidak bisa dilakukan oleh PTS,”ujarnya.

Hermawan menjelaskan daerah yang maju pasti di ikuti oleh dengan pendidikannya yang ikut maju, lewat gagasan para forum Profesor dan Doktor ini dapat memberikan masukan kepada kepala daerah untuk memanfaatkan potensi SDM yang dimiliki oleh anak daerah agar bisa bersinergi dalam mencapai tujuan pembangunan infrastruktur maupun ekonomi daerah.

Hermawan yang ikut dalam pertemuan ini, mengatakan agar kedepan kepala daerah Bima dan Dompu lebih inteks melakukan komunikasi dan koordinasi dengan forum Profesor dan Doktor agar proses pembangunan PTN bisa terwujud.

“Saya kira yang hadir dalam pertemuan ini adalah semuanya karena panggilan hati dan tanggungjawab sebagai putra putri daerah yang ingin kampung halamannya maju secara ekonomi diatas kearifan budaya Bima-Dompu, tentu kita semua harus peduli,” tutupnya. (Iba)