April Esok Dunia Akan Menyapa Tambora

April Esok Dunia Akan Menyapa TamboraReviewed by adminon.This Is Article AboutApril Esok Dunia Akan Menyapa TamboraMataram (Detik NTB),- Festival Pesona Tambora ke lima kalinya tahun 2019 kembali akan digelar pada bulan April mendatang. Bulan Pesona Tambora adalah event nasional yang anggarannya dari Kementerian Pariwisata RI mengandeng Dispar Provinsi NTB dan Dispar seluruh Kabupten Kota se- Pulau Sumbawa. Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Moh Faozal menerangkan bahwa event Festival Pesona Tambora […]
Foto: Simulasi dimana Gunung Tambora 1815 meletus hingga ratusan ribu korban jiwa

Mataram (Detik NTB),- Festival Pesona Tambora ke lima kalinya tahun 2019 kembali akan digelar pada bulan April mendatang. Bulan Pesona Tambora adalah event nasional yang anggarannya dari Kementerian Pariwisata RI mengandeng Dispar Provinsi NTB dan Dispar seluruh Kabupten Kota se- Pulau Sumbawa.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Moh Faozal menerangkan bahwa event Festival Pesona Tambora yang masuk dalam 100 kalender event Wonderful Indonesia ini dalam rangka memperingati peristiwa meletusnya gunung Tambora pada 11 April 1815, dimana leusan dahsyat tersebut hingga sampai ke Benua Eropa.

Baca juga: Gubernur Hadiri Pre Launching Kompas Tambora Challenge 2019

Menurutnya, bulan April mendatang dunia akan menyapa gunung Tambora bulan lagi tambora menyapa dunia.

“Tema besarnya adalah dunia menyapa Tambora, jadi bukan Tambora menyapa dunia tapi dunia menyapa Tambora, karena wonderful event,” kata Faozal, Rabu (20/03) sore di Mataram usai menggelar rapat koordinasi dengan Kadispar Kabupaten Kota, Dandim Bima dan sejumlah pihak terkait.

Adpaun rangkaian event tersebut antara lain 2-3 April akan dimulai dengan kegiatan ‘Semalam Dalama Loka’, yang diselenggarakan di Kabupaten Sumbawa, ‘Mantar  Festival’ tanggal 6-7 di KSB, tanggal 6-8 ‘Lawata Festival’ di Kota Bima dan tanggal 7-11 ‘Teka Tambora’di Bima dan Dompu di lokasi venue.

Selanjutnya, tanggal 8-11 ‘Festival Geopark Tambora I’ di Bima dan Dompu serta diikuti oleh festival lainnya seperti ‘Lanud Zam Tambora Golf Tounament’ di Gec Rinjani Golf dan Lombok Golf Kasaido Country, kemudian ‘Tambora Coulor Run’ di kantor Bupati Dompu, tanggal 11 ‘Puncak Acara Fetival Tambora’di Doro Ncanga Bima, tanggal 02-30 juga dilaksanakan ‘Taman Nasional Gunung Tambora’ di Tambora dan terakhir ‘Pacuan Kuda’ di Dompu.

“Dengan berlangsungnya acara ini, diharapkan dapat menibgkatkan kreatifitas masyarakat dalam mengembangkan ekonomi kreatif yang tentunya juga berdampak baik terhadap perekonomian masyarakat itu sendiri,” harap Faozal. (Iba)