Aktivis Perempuan, Legislator Hingga Kepala Daerah Dukung Baiq Eva Jadi Sekda

Aktivis Perempuan, Legislator Hingga Kepala Daerah Dukung Baiq Eva Jadi Sekda
Foto: Dra. Hj. Baiq Eva menjadi inspektur upacara saat menjadi PLt. Bupati Lombok Barat waktu itu (Ist)

Mataram (DetikNTB.com),- Hingga saat ini lima calon Sekretaris Daerah  (Sekda) NTB tengah berkompetisi melewati sejumlah penilaian dari Tim Pansel Sekda. Terakhir kelima calon tersebut sudah melewati sejumlah rangkaian tes kesehatan di RSUD Provinsi NTB.

Untuk diketahui, di antara kelima calon Sekda tersebut, satu-satunya wakil perempuan adalah Dra. Hj. Baiq Eva Nurcahya Ningsih, M. Si., Soso yang menjadi idola banyak pihak tersebut mendapat banyak dukungan dari sejumlah pihak mulai dari aktivis perempuan, tokoh, dan sejumlah kepala daerah di NTB untuk menjadi Sekda NTB.

Setelah sebelumnya mendapat dukungan dari anggota DPR-RI Hj. Wartiah, Ketua DPRD NTB Baiq Isvie Rupaeda, Senator sekaligus Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Baiq Diyah Ratu Ganefi dan beberapa tokoh lainnya.

Aktivis perempuan asal Mataram, Baiq Yuliana misalnya, saat berjumpa di forum tokoh NTB beberapa hari lalu bahkan di hadapan HL Mudjitahid, HL Moh Syamsir, Mesir Suriayadi, H Muh Abdul Malik dan tokoh lainnya. Yuliana menegaskan, selama ini perempuan kerap dijadikan pelengkap saja. Padahal, kemampuan perempuan dalam memimpin belum tentu kalah oleh kaum laki-laki.

“Jangan remehkan kemampuan kaum perempuan, buktinya Baiq Eva itu sudah menduduki berbagai jabatan, malah salah satu perempuan yang pernah duduki jabatan Camat pertama di NTB,” ungkapnya Sabtu (12/10) di Mataram.

Dirinya selaku perwakilan perempuan yang hadir dalam NTB Forum mendorong para tokoh ini ketika memberikan rekomendasi kepada Gubernur NTB nanti agar masukkan nama Baiq Eva.

“Saya ingin kedepankan kaum Jender jadi pejabat,” katanya.

Senada dengan Yuliana, Ketua DPRD Kabupaten Lombok Barat Hj. Nur Hidayah juga sangat berharap Baiq Eva terpilih sebagai Sekda NTB.

Ditemui usai acara silaturrahmi bersama anggota dewan Provinsi, Kabupaten/ Kota dengan Ketua Badan Pengawas dan Disiplin DPP Partai Gerindra H. Bambang Kristiono di Mataram pada Sabtu (12/10), Nur Hidayah mengakui Baiq Eva adalah sosok birokrat perempuan berpengalaman dan memiliki kapasitas serta kemampuan dalam mengelola birokrasi.

“Bu Eva itu satu-satunya aset birokrat perempuan yang sangat mumpuni, telah banyak memberikan warna dengan pengalaman birokratnya sejak di Pemkab Lombok Barat hingga saat ini di Provinsi NTB, sulit menemukan sosok perempuan yang istiqomah dalam membantu pemerintah daerah seperti beliau itu,” ungkap Politisi Partai Gerindra ini.

Ia menegaskan untuk tidak memandang sebelah mata dan meremehkan kemampuan kaum perempuan.

“Buktinya Bu Eva pernah menduduki berbagai jabatan Eselon II sejak dari Pemkab Lobar hingga kini di Pemprov NTB Sebagai Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra, malah beliau adalah perempuan pertama NTB yang pernah menjabat Camat (red/ Camat Gerung – Lobar, tahun 1998),” ungkapnya.

Nur Hidayah berharap, kue pembangunan nantinya bisa lebih dirasakan masyarakat Lombok Barat jika Baiq Eva menjadi Sekda NTB.

“Bu eva adalah srikandi asli kelahiran Lombok Barat, aset yang sangat berharga, kami berharap saat menjadi Sekda nantinya anggaran di Provinsi berpihak sedikit untuk pembangunan di Lombok Barat yang selama ini terkesan kurang diperhatikan oleh Pemprov NTB,” pungkas politisi nan ramah ini.

Untuk diketahui sejumlah jabatan yang yang pernaha melekat pada diri seorang sosok Dra. Hj. Baiq Eva Nurcahyaningsih, M. Si seperti Kadis BKKBN Lobar tahun 2004, Kepala BKD Lobar, Asisten 1 Lobar tahun 2015, Hijrah ke Provinsi melalui proses pansel Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama, sebagai Kepala BP3AKB, Kadis Perindustrian tahun 2017, Sejak Januari tahun 2019 menjabat Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi NTB.

Sempat juga dimandatkan oleh Gubernur NTB sebagai PLT Bupati Lobar dan PLT Sekprov NTB Juni 2019 lalu. Dra. Hj. Baiq Eva merupakan satu-satunya dari Lima kandidat Sekda NTB yang menyandang Satyalancana Karya Satya Kesetiaan Pengabdian ASN Tanpa Cacat 30 tahun.

Untuk diketahui, keima figur itu antara lain Assisten I Setda Provinsi NTB, Dra. Hj. Baiq Eva Nurcahyaningsih, M. Si, Kepala Distanbun NTB, Ir. H. Husnul Fauzi, M. Si, Kepala Bappenda NTB, Dr. Ir. H. Iswandi, M. Si, Kepala DPMPTSP NTB, Drs. H. L. Gita Ariadi, M. Si dan Assisten II Setda NTB, Ir. H. Ridwan Syah, MM, M.TP. (Iba)