Rabu Esok Obor Asian Games Tiba di Lombok, Ini Rutenya…

Rabu Esok Obor Asian Games Tiba di Lombok, Ini Rutenya…
Foto : Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga (Dispora) Husnandiaty Nurdin (kanan) didampingi Ceremonis Departement Inasgoc Intan Narulita (kiri) saat jumpa pers di Kantor Gubernur NTB

Mataram,- Api Obor Asian Games 2018 dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) besok pagi, Rabu (25/7/2018). Obor akan sampai di BIL pukul 7.20. Sesampainya di Bandara Lombok, api obor tersebut akan dibawa oleh rombongan Indonesia Asian Games Comitte (Inasgoc) menuju Desa Sade, Lombok Tengah dan dilanjutkan menuju kawasan wisata Kuta Mandalika, di KEK Mandalika akan dimeriahkan oleh tari tradisional Lombok selema satu jam.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga (Dispora) Husnandiaty Nurdin, saat jumpa pers, di Media Center kantor Gubernur NTB, Kota Mataram, Selasa (24/7/2018).

Eny sapaan akrab Husnandiaty Nurdin mengatakan, setelah dari Kuta Mandalika, api obor ini akan menuju Kota Tua Ampenan, Mataram. Tepat pukul 14.35 WITA api obor Asian Games akan dilepas oleh Wali Kota Mataram untuk dibawa lari oleh atlet-atlet pembawa obor menuju kantor Gubernur NTB.

“Untuk atlet pembawa api obor Asian Games ini telah diseleksi dan total atlet sebanyak 17 orang atlet, sembilan orang atlet diantaranya berasal dari NTB,” ucap Eny.

Menurut Eny, penentuan kesembilan orang atlet pembawa api obor telah melalui seleksi ketat, termasuk yang menjadi pertimbangan yaitu catatan kriminal dari atlet tersebut.

“Kesembilan orang atlet pembawa api obor ini merupakan atlet pilihan dari NTB yang masih aktif maupun yang telah purna tugas,” kata Eny.

Senada, Ceremonis Departement Inasgoc Intan Narulita menuturkan selain atlet-atlet yang telah terseleksi, direncanakan Gubernur NTB dan juga Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman akan ambil bagian turut berlari membawa api obor Asian Games.

“Sudah ada konfirmasi beliau (Menko Kemaritiman) akan ikut berlari membawa api obor Asian Games,” tuturnya.

Lebih jauh, ia mengatakan, sesampainya di kantor Gubernur NTB api obor Asian Games ini akan diinapkan sebelum diberangkatkan ke Papua.

“Jadi setelah dari Lombok, api obor Asian Games ini akan diberangkatkan ke Papua melalui Bandara Internasional Lombok,” ucap Intan.

Sebelumnya, Kirab Api Obor Asian Games 2018 akan dibawa berkeliling di 53 kota dan 18 provinsi di Indonesia, salah satunya di Provinsi NTB.  Setibanya di Lombok direncakanan rombongan Inasgoc akan disambut dengan tarian penyambutan selamat datang di Bandara Internasional Lombok.

(IBA)