Tingkat Konsumsi Daging di NTB Meningkat

Tingkat Konsumsi Daging di NTB MeningkatReviewed by adminon.This Is Article AboutTingkat Konsumsi Daging di NTB MeningkatMataram,- Pemerintah Provinsi NTB telah mencanangkan program terobosan “NTB Sejuta Sapi”, selanjutnya diimplementasi melalui prinsip kuat program intensifikasi sapi potong dan kampung Unggas terpadu. Tingkat konsumsi masyarakat NTB terhadap produk peternakan terutama yang berada dari daging dan telur menunjukkan trend yang meningkat dari 2,9 Kg/Kap/tahun dalam tahun 2016 untuk daging sapi dan kerbau menjadi 3,93 […]
Foto : Kadis Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov NTB drh. H. Aminurrahman, M.Si

Mataram,- Pemerintah Provinsi NTB telah mencanangkan program terobosan “NTB Sejuta Sapi”, selanjutnya diimplementasi melalui prinsip kuat program intensifikasi sapi potong dan kampung Unggas terpadu.

Tingkat konsumsi masyarakat NTB terhadap produk peternakan terutama yang berada dari daging dan telur menunjukkan trend yang meningkat dari 2,9 Kg/Kap/tahun dalam tahun 2016 untuk daging sapi dan kerbau menjadi 3,93 Kg/Kap/Tahun di tahun 2017.

“Demikian pula untuk konsumsi daging unggas mengalami peningkatan sebesar 57,41 % dari 4,65 Kg/Kap/Tahun menjadi 8,1 Kg/Kap/Tahun”, Terang Kepala Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB drh. H. Aminurrahman, M.Si saat konferensi pers, Rabu (04/04/2018) di Media Center Kantor Gubernur NTB.

Amin menjelaskan, konsumsi telur di NTB saat ini 6,6 Kg/Kap/Tahun untuk telur ayam Ras, dan 1,24 Kg/Kap/Tahun untuk telur ayam Buras serta 0,20 Kg/Kap/Tahun untuk telur Itik.

“Meningkatnya konsumsi masyarakat ini, diakibatkan oleh daya beli dan pendapatan masyarakat terutama masyarakat pedesaan yang semakin baik”, Terangnya.

Menurutnya, tingkat kesejahteraan masyarakat peternak di NTB tercermin dalam nilai indeks nilai tukar petani sub sektor peternakan yang secara rutin di releas oleh BPS NTB.

(IBA)