RS Harapan Keluarga Dinyatakan Aman Pasca Gempabumi

RS Harapan Keluarga Dinyatakan Aman Pasca GempabumiReviewed by adminon.This Is Article AboutRS Harapan Keluarga Dinyatakan Aman Pasca GempabumiMataram,- Pasca gempa bumi menguncang Lombok berturut-turut beberapa minggu lalu, ratusan orang meninggal, ribuan luka-luka, bangunan serta rumah-rumah warga luluhkantah, termasuk beberapa bangunan rumah sakit di Lombok yang tidak tahan gempa. Salah satu rumah sakit yang tahan gempa adalah Rumah Sakit Harapan Keluarga. RSHK pascagempa dinyatakan sudah dianggap aman dari Gempabumi. Hal itu diungkap oleh […]
Foto : Pihak RSHK serta 3 tim uji kelayakan dari Fakultas Tekhnik Sipil Unram

Mataram,- Pasca gempa bumi menguncang Lombok berturut-turut beberapa minggu lalu, ratusan orang meninggal, ribuan luka-luka, bangunan serta rumah-rumah warga luluhkantah, termasuk beberapa bangunan rumah sakit di Lombok yang tidak tahan gempa.

Salah satu rumah sakit yang tahan gempa adalah Rumah Sakit Harapan Keluarga. RSHK pascagempa dinyatakan sudah dianggap aman dari Gempabumi.

Hal itu diungkap oleh Humas RSHK dr. Ni Putu Indra Dewi pasca tim dari Fakultas Tekhnik Sipil Universitas Mataram (FTS Unram) tiga orang melakukan uji coba kelayakan pada rumah sakit tersebut, Kamis (16/08).

“Kami dinyatakan sangat aman dan tidak ada kerusakan sedikitpun dalam struktur (Rumah Sakit) kami”, jelas humas RSHK cantik ini pada detikntb.com, Kamis (16/08) sore.

Uji kelayakan tersebut katanya dilakukan selama satu hari penuh dari pagi sampai sore. “Ini baru saja selesai. Ditilik langsung oleh tim dari Unram”, katanya.

Meskipun ada retakan akibat guncangan gempa 6,2 SR, 7,0 SR dan 6,4 SR berturut-turut, namun hanya pada dindingnya saja yang retak tidak termasuk struktur bangunannya.

“Tidak mas. Karna retakan tersebut bukan termasuk struktur bangunan. Jadi retakan tersebut hanya perlu ditambal saja estetik bangunannya”, bantahnya meyakinkan.

Dari seluruh hasil uji kelayakan seluruh ruangan tambahnya, sudah dapat beroperasional sebagaimana mestinya. Bahkan sangat disarankan untuk kembali beroperasi segera.

(IBA)