Warga Karang Taliwang dan Monjok Serahkan Senjata Secara Sukarela

Warga Karang Taliwang dan Monjok Serahkan Senjata Secara Sukarela
Foto: senjata berbagai jenis yang Di serahkan warga monjok dan karang taliwang kepada aparat

Mataram,- Intesitas konflik Lingkungan Monjok dengan Lingkungan Karang Taliwang Kota Mataram terus berlanjut, sedikitnya bulan februari ini hampir tiap hari kedua kelurahan tersebut berkonflik.

Namun pagi tadi minggu (28/01) warga Lingkungan Karang Taliwang Kecamatan Cakranegara menyerahkan senjata mereka secara sukarela di kantor kelurahan Karang Taliwang disusul warga Lingkungan Monjok Kelurahan Monjok Baru Kecamatan Cakranegara juga siang tadi usai sholat dzuhur menyerahkan senjata mereka secara sukarela di Aula Masjid Lingkungan Monjok Baru.

Penyerahan secara sukarela di masjid Monjok tersebut disaksikan oleh Kapolres Mataram AKBP Muhammad SIK, Dirbimas Polda NTB AKBP Beni Basir, Kabag Ops Polres Mataram AKBP Taufik SIK, Camat Cakranegara, Kepala Lingkungan Monjok Baru dan disaksikan oleh seluruh warga lingkungan Monjok.

Kapolres Mataram usai menyaksikan langsung penyerahan senjata secara sukarela oleh warga tersebut menyampaikan penyerahan senjata ini adalah sebagai bentuk itikad baik kedua lingkungan yang bertikai, karena menurutnya pihak Kepolisian sudah lelah mengatasi konflik ini.

“Tentunya ini atas dasar itikad baik yah, niat baik karena kita sudah cukup lelah sudah cukup capek lah ya dengan keberadaan situasi kondisi seperti ini. Tiap malam begadang, tiap pagi. Pokoknya tidak ada ketenangan makanya kita menghimbau kepada masyarakat sudah banyak juga korban yang terkena kan”. Ungkapnya.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi terjadinya perang kembali antar dua Lingkungan tersebut, Muhammad menghimbau kepada masyarakat untuk menyerahkan senjatanya yang dipergunakan untuk berkelahi dan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk menyiapkan post terpadu yang yang ada di perbatasan yang nantinya akan diisi oleh TNI, Polri dan masyarakat.

“Mengantisipasi adanya provokasi dari orang-orang luar yang tidak menginginkan adanya kedamaian”. Bebernya.

Menurut Ketua RT 02 Lingkungan Karang Taliwang bahwa penyerahan senjata tersebut merupakan sebuah bentuk kesadaran dari warga. “Atas kesadaran dari warga karang Taliwang mereka menyerahkan senjata secara sukarela di kantor Kelurahan Karang Taliwang”. Ungkapnya.

Dari senjata yang diserahkan oleh warga lingkungan Karang Taliwang terhitung sampai siang tadi jumlahnya mencapai ratusan senjata, dimulai dari ketapel, anak panah, sampai senjata kelereng yang berukuran besar. Juga warga lingkungan Monjok hampir ratusan juga dengan senjata rakitan yang sama. Akan akan berlanjut sampai malam hingga tidak ada yang tersisa. Jika masih ada yang belum menyerahkan maka jajaran Polres Mataram akan melakukan penyisiran di tiap rumah warga. (Ibl)