Plat Bodong Politisi PDIP Kota Bima, Dirlantas Polda NTB: Itu Pidana

Plat Bodong Politisi PDIP Kota Bima, Dirlantas Polda NTB: Itu PidanaReviewed by adminon.This Is Article AboutPlat Bodong Politisi PDIP Kota Bima, Dirlantas Polda NTB: Itu PidanaMataram,- Video viral debat panas antara Kasatlantas Polres Bima Kota yang diunggah oleh akun media sosial Imam Mulya yang diunggah tanggal 21 April 2018 tersebut mendapat berbagai tanggapan dari netizen. Betapa tidak, Ketua DPC PDIP Kota Bima Ruslan Usman, S.Sos tersebut memakai plat nomor yang tidak biasa seperti yang dipakai oleh masyarakat luas. Ia memakai […]
Foto : BB Mobil pic up yang berplat MAN 1 diamankan di kantor polisi

Mataram,- Video viral debat panas antara Kasatlantas Polres Bima Kota yang diunggah oleh akun media sosial Imam Mulya yang diunggah tanggal 21 April 2018 tersebut mendapat berbagai tanggapan dari netizen.

Betapa tidak, Ketua DPC PDIP Kota Bima Ruslan Usman, S.Sos tersebut memakai plat nomor yang tidak biasa seperti yang dipakai oleh masyarakat luas. Ia memakai plat bernomor MAN 1.

Direktur Lalu Lintas Polda NTB KBP Arman Achdiat, S.IK.M.Si menanggapi video viral tersebut menyampaikan bahwa siapapun yang melanggar aturan tetap akan diberikan sanksi.

“Apalagi menggunakan plat palsu itu pidana” ujar mantan Kasatreskrim Polwiltabes Bandung ini.

Tokoh masyarakat lanjutnya, harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat luas, saat ini Polri khususnya Polantas tetap akan memberikan himbauan, teguran sampai dengan tindakan hukum berupa penyitaan kendaraan maupun surat-surat jika melanggar lalu lintas.

Lebih lanjut, Arman menyatakan bahwa Setiap kendaraan dalam pasal 64 UU No 22 tahun 2009 dijelaskan tentang regristrasi kendaraan bermotor bahwa plat nopol merupakan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB). Artinya setiap kendaraan yang yang digunakan di jalan wajib diregistrasikan (didaftarkan) dimana dalam registrasi tersebut meliputi identitas kendaraan, identitas pemilik dan dalam pemanfaatannya pun sudah diatur sesuai dengan wilayah masing-masing.

“Jadi plat kendaraan yang dimaksud seperti MAN 1 jelas jelas sudah melanggar aturan, karena disamping tidak sesuai dengan praktiknya juga sudah salah penggunaan nya”, tambah alumni Pasca Sarjana Universitas Indonesia ini.

Selain itu, Arman juga menghimbau kepada masyarakat, dalam waktu dekat akan dilaksanakan operasi patuh Gatarin 2018.

“Selain target operasi yang sudah ditentukan, akan saya tambahkan lagi tentang penggunaan plat nopol yang tidak sesuai dengan aturan. Agar masyarakat paham terhadap kondisi ini. Akan menjadi pidana bila melakukan pemalsuan TNKB atau surat-surat lainnya ” tutup Dirlantas Polda NTB ini mengingatkan.

Sementara Ketua Masyarakat peduli keselamatan berkendaraan (MPKB) NTB, Zulkipli, SE, MM mengomentari video viral tersebut menyatakan bahwa para Politisi seharusnya menjadi contoh, apalagi mereka biasanya akan menjadi anggota legislatif.

“kita ini punya penyakit mentang – mentang, dan menganggap status mereka selaku politisi adalah senjata mereka untuk bisa selalu bisa mengkondisikan apa saja yang mereka langgar. Menurut saya, ini harus menjadi pelajaran untuk kita semua, khususnya politisi, janganlah keinginan untuk bergaya dan menjaga wibawa dengan melanggar aturan, kita bisa tetap bergaya tanpa harus melanggar aturan lalu lintas. Ajak Zul menggapi

Untuk diketahui, video tersebut sudah dibagikan oleh netizen per tanggal 23 April 2018 sebanyak 6.591, sedangkan yang menyukai hampir 2.766 serta mengomentari sebanyak 3.860.

Pelaku adalah ketua DPC Partai PDIP Kota Bima, sekarang Ia sudah dibebastugaskan oleh DPP PDIP sebagai ketua DPC PDIP Kota Bima akibat dari ulahnya.

(IBA)