Nasib Buruh Korban Gempa Jadi Atensi Sarbumusi NU NTB

Nasib Buruh Korban Gempa Jadi Atensi Sarbumusi NU NTB
Foto : Ketua DPW Sarbumusi NU NTB, Lalu Akso Anugrah Putra

Mataram,- Sarikat Buruh Muslimin Indonesia Nahdlatul Ulama Wilayah Nusa tenggara Barat (Sarbumusi NTB) khawatir musibah gempa bumi yang mengguncang Lombok berimbas terhadap nasib para pekerja atau buruh di NTB.

Berdasarkan pantauan internal sementara, Sarbumusi NU  NTB melihat ada potensi PHK bagi para buruh. Guna memperoleh kepastian, Sarbumusi NU NTB membuka layanan aduan terkait ketenaga kerjaan bagi para buruh terdampak gempa bumi Lombok NTB.

“Terkait informasi dampak musibah gempa masalah ketenagakerjaan pasti ada. Seperti dirumahkannya pekerja, atau pengurangan pekerja bahkan PHK. Semoga ini tidak terjadi. Harapan saya, kalaupun ada tidaklah segan pekerja buruh NTB melaporkan kepada kami.” Ungkap Ketua DPW Sarbumusi NU NTB, Lalu Akso Anugrah Putra.

Menurut Lalu Akso, saat ini Sarbumusi NU NTB tengah fokus membantu para korban gempa Lombok terutama dari  kalangan buruh. Sarbumusi NU NTB di support dari pusat, Sarbumusi Jember dan para organisasi buruh lainnya seperti FSPS Karawang.

“Saat ini kita fokus menyalurkan bantuan di beberapa titik terdampak, Saya ucapkan terima kasih atas doa teman-teman Sarbumusi NU Jember, FSPS Karawang yang telah mensupport doa dan bantuan kepada kami,” ucapnya.

Sarbumusi NU NTB menurut Lalu Akso, komitmen untuk membantu persoalan para buruh. Jika di kemudian hari ditemukan persoalan yang menyangkut ketenaga kerjaan, maka Sarbumusi NTB bakal memberikan pendampingan.

“Sarbumusi NU NTB siap membantu. Kami advokasi melalui mediasi, bahkan sampai gugatan ke pengadilan hubungan industrial,” ujar Lalu Akso.

Saat ini, kaum buruh di NTB sudah memiliki wakil di Pengadilan Hubungan Industrial di Pengadilan Negeri Mataram. Wakil dari unsur buruh ini di lantik menjadi Hakim Adhock pada Selasa (21/8/2018).

Dengan dilantiknya Hakim Adhock, Sarbumusi NU NTB berharap bisa membantu menyelesaikan berbagai persoalan yang menyangkut ketenagakerjaan.

“Anggota Sarbumusi NU NTB berkesempatan untuk mewakili buruh di Pengadilan Hubungan Industrial PN Mataram. Adalah bung Hijri Samsuri SH.MH diambil sumpah jabatan dan pelantikan menjadi Hakim Adhoc unsur serikat buruh hari ini di PN Mataram. Upaya buruh dalam perjuangan buruh menghadapi masalah ketenaga kerjaan di NTB semoga diberikan angin segar dan kemudahan”, tegas Lalu Akso.

(IBA)