Human trafficking Semakin Marak, KMP NTB Jakarta Angkat Bicara

By: On:
Human trafficking Semakin Marak, KMP NTB Jakarta Angkat BicaraReviewed by adminon.This Is Article AboutHuman trafficking Semakin Marak, KMP NTB Jakarta Angkat BicaraJakarta,- Kasus yang menimpa ibu uty (nama sapaan) yang ditangani oleh Polda NTB yang sudah ditetapkan sebagai tersangka merupakan kasus yang mengingkari akal sehat. Niat mengirim TKI-TKW di Turky dan Suriah secara ilegal merupakan Perdagangan manusia (human trafficking) berdasarkan Pasal 1 ayat 1 Undang Undang Nomor 21 Tahun 2007 Tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang. Melihat […]
Foto : TKW Malaysia saat akan dipulangkan ke Indonesia

Jakarta,- Kasus yang menimpa ibu uty (nama sapaan) yang ditangani oleh Polda NTB yang sudah ditetapkan sebagai tersangka merupakan kasus yang mengingkari akal sehat.

Niat mengirim TKI-TKW di Turky dan Suriah secara ilegal merupakan Perdagangan manusia (human trafficking) berdasarkan Pasal 1 ayat 1 Undang Undang Nomor 21 Tahun 2007 Tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang.

Melihat kondisi demikian, Ketua umum KMP NTB Jakarta Johan Jauhari mengatakan Tindakan yang dilakukan oleh Uty sponsor yang pernah mengirim TKI-TKW melalui PT Amanitama Berkah Sejati beralamat di Jl. Kelapa Dua Wetan, RT 01/RW 08, Kelapa Dua Wetan, Ciracas Kota Jakarta Timur adalah tindakan kriminal terhadap kemanusiaan.

“Kegiatannya diduga meliputi tindakan perekrutan, pengangkutan, mentransfer untuk keperluan mengeksploitasi mereka demi kepentingan pribadi”, terang Johan di seperti releas yang diterima media ini di Jakarta, Rabu (02/05).

Modus tersebut banyak menimpa perempuan atau seorang ibu-ibu pengangguran yang tidak berpendidikan yang cepat tergiur dengan gaji yang tinggi kepada calon tenaga kerja.

Sasarannya adalah perempuan atau seorang ibu-ibu yang ekonomi lemah yang berada di daerah-daerah miskin kemudian diduga dijual kepada laki-laki dari negara-negara maju. Pekerjaan yang ditawarkan adalah menjaga hiburan malam dengan modus lain seperti agen biro jodoh akan dikontrak beberapa bulan dan bisa dikembalikan apabila tidak cocok.

Sejak tahun 2011 di beberapa negara mengalami peningkatan kasus perdagangan manusia, dengan demikian pemerintah Indonesia mengeluarkan moratorium khusus Negara-negara kawasan Timur Tengah, yakni Arab Saudi, Bahrain, Aljazair, Irak, Kuwait, Lebanon, Libya, Maroko, Mauritania, Mesir, Sudan, Oman, Palestina, Qatar, Suriah, Tunisia, Uni Emirat Arab, Yaman, dan Yordania.

Aktivis Jakarta yang biasa dipanggil Johan ini menyampaikan selama moratorium tersebut pemerintah Indonesia juga terus mendorong negara-negara tersebut untuk membenahi tata kelola penempatan dan perlindungan pekerja migran  sesuai amanat pasal 31 Undang-undang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PPMI).

“Bahwa penempatan pekerja migran Indonesia hanya dapat dilakukan ke negara tujuan penempatan yang telah memiliki peraturan perundang-undangan untuk melindungi tenaga kerja, perjanjian bilateral, dan jaminan sosial”, tutur aktivis Jakarta ini.

Ia mendesak kepada PT Amanitama Berkah Sejati untuk memulangkan dua TKW atas nama Siti Sabaria Binti Al-latif bernomor 9040 dan Endang Suryati Binti Suaeb bernomor urut 9150 secepatnya dan meminta kepada pemerintah untuk menegur perusahaan tersebut.

“Karena perusahaan tersebut diduga banyak melakukan pelanggaran terhadap pengiriman TKI-TKW”, harapnya.