Aneh ! Perubahan Pekerjaan Proyek Sedang Dilaksanakan, TP4D Belum Terima Laporan

Aneh ! Perubahan Pekerjaan Proyek Sedang Dilaksanakan, TP4D Belum Terima Laporan

DOMPU – Adanya Perubahan signifikan pada beberapa item pekerjaan pada pelaksanaan proyek pembangunan Kantor Pemkab Dompu Mengundang Tanya beberapa elemen masyarakat Dompu, Bahkan Ada yang Mencium telah terjadi Praktek Kolusi di dalamnya. Untuk menyesuaikan masa kontrak.

Kasi Intel Kejari Dompu sekaligus Ketua Tim Pengawalan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Dompu. Ahmad Sulham SH. Saat di temui Detik NTB Kamis, 9/11/2017, di ruang kerjaanya, Akhirnya Angkat Bicara bahwa pihaknya sampai saat ini belum menerima dokumen perubahan kontrak dari pihak pelaksana.
“kami belum menerima tembusan dokumen itu” ungkapnya

 

Baca : Aktivis Minta Mega Proyek Kantor Bupati Dompu Di Audit

Namun demikian, pihaknya juga tidak menampik, ketika ada rencana perubahan pekerjaan pada proyek tersebut, pihak pelaksana selalu berkoordinasi dengan TP4D.
“Perubahan itu di item pekerjaan dinding, dari pasangan bata ke hebel (Bata Ringan) dan Di pekerjaan kubah, dari konstruksi beton ke rangka baja dan Kami Dua minggu sekali tetap melakukan rapat evaluasi” terangnya.

Menurutnya, jika ada perubahan, maka perubahan itu harus disepakati bersama oleh pihak kontraktor, Penjabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) yang tertuang dalam dokumen perubahan kontrak.
“Jangan pernah merubah tanpa persetujuan” katanya.

Ahmad Sulham kembali menegaskan, perubahan-perubahan itu jangan sampai keluar jalur, tidak mengurangi volume dan kualitas pekerjaan. Selain itu ia juga mengingatkan Kelebihan anggaran pada pekerjaan yang sudah dirubah tidak boleh dialokasikan untuk mengatasi kekurangan anggaran pada item pekerjaan lain. Dan dokumen perubahan kontrak harus dibuat sebelum masa kontrak proyek berakhir.

Pada kesempatan lain Suryadin, Koordinator Advokasi Hukum Lembaga Advokasi Masyarakat Sipil Daerah (LAMSIDA). Ditemui Detik NTB dikantornya ketika dimintai tanggapannya terkait belum adanya Laporan Pihak Pelaksana Proyek kepada Ketua Tim Pengawalan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Dompu Atas Perubahan Pekerjaan Proyek, iya menilai hal ini sangat aneh, dan iya menduga malah ada hal serius telah terjadi
“Aneh sekali, Masa Ketua TP4D Belum Mendapat laporan padahal di sisi lain katanya Ketua TP4D mengetahui Item Perubahan Pekerjaan dan mereka selalu melakukan rapat Evaluasi Dua Minggu sekali, tau dari mana Ketua TP4D Item Perubahan Kalo Belum Dapat Laporan, ada apa ini?” Tanyanya dengan penuh tanda tanya

Lebih lanjut Suryadin menyampaikan pihaknya akan terus melihat, memantau perkembangan proyek ini. dan bila dugaan keanehan-keanehan ini terus di pertontonkan maka kami semakin yakin telah terjadi Pelanggaran di dalam pelaksanaan Perubahan Pekerjaan Proyek dan tidak menutup kemungkinan kasus ini akan di laporkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Suryadin juga mengajak semua pihak untuk sama-sama terlibat aktif mengawal proyek ini Agar tidak terjadi korupsi di dalamnya. Ujarnya. (46)