Detik NTB

Berita Nusa Tenggara Barat

Agama dan Keyakinan Headline Sosial Budaya

YBS Luncurkan program dapur pangan ramadhan

Mataram (Detikntbcom),- Persiapan menyambut Ramadhan 1442 H, Yayasan Berdayakan Sesama (YBS) mengangkat tema “Ramadhan 183” Berburu Pahala Terbaik. Tema ini mengandung makna, 183 adalah salah satu ayat dalam Albaqarah.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu (diantara umat manusia) agar kamu bertaqwa“. (Q.S. Albaqarah : 183).

Angka 183 juga melambangkan program Ramadhan Yayasan Berdayakan Sesama (YBS) yaitu 1 Program Utama, 8 Program Unggulan Dan 3 Program Istimewa.

Oleh karena itu, Yayasan Berdayakan Sesama (YBS) kembali menghadirkan satu program baru yang menjadi program utama khusus selama bulan Ramadhan. Program ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi kaum muslimin yang ingin memaksimalkan peran kebaikan untuk meraih pahala terbaik di bulan Ramadhan.

Adapun Program utama ini dinamakan Dapur Pangan Ramadhan atau yang disingkat dengan DPR. Program ini didasari oleh besarnya pengaruh pandemic covid 19 yang telah merenggut beberapa sendi kehidupan sebagian besar masyarakat, terutama bagi masyarakat dhuafa, fakir miskin dan anak-anak yatim, baik yang ada di Nusa Tenggara Barat maupun di Indonesia pada umumnya.

Proses peluncuran program DPR ini berlangsung sederhana yang bertempat di Depan Gedung Narmada Convention Hall (NCH) Mataram. DPR (Dapur Pangan Ramadhan) diresmikan bersama dengan tim kitabisa.com dalam hal ini diwakilkan oleh Bayu Diktiarsa Pratama selaku NGO Lead Indonesia Timur –kitabisa.com.

Pria yang akrab disapa Mas Bayu itu tampak sangat antusias mengikuti acara peresmian walau pada waktu bersamaan sedang menyandang status sebagai mempelai pria yang sedang melangsungkan resepsi pernikahan.

Mas Bayu bersama istrinya turun dari pelaminan menuju arena launching 4 armada Dapur Pangan Ramadhan (DPR) yang siap bergerak menjemput donasi dan menyalurkan donasi makanan siap saji dari sahabat dermawan yang ingin memberi makan untuk mereka yang sedang berpuasa guna turut berkontribusi menyebarkan kebahagiaan bagi kaum dhuafa (yang membutuhkan) di bulan suci Ramadhan.

“Semoga YBS sukses mengawal Program DPR ini, Insyallah akan banyak orang baik yang akan mendukung program ini, semoga Allah mudahkan, Amiin,” tuturnya singkat beberapa saat setelah peresmian, dan kemudian kembali ke pelaminan melanjutkan agenda resepsi yang masih berlangsung.

Proses peresmian DPR juga dihadiri oleh Tim Program YBS, Abdul Aziz dan para Relawan DPR Bergerak – Ramadhan 183. Program ini akan banyak melibatkan para aghnia (dermawan) dimanapun berada, baik dalam bentuk donasi, makanan siap saji ataupun sinergi untuk implementasi.
Untuk optimalisasi peran media online, YBS akan menggandeng kitabisa.com sebagai mitra sinergi dalam mensukseskan program DPR melalui donasi online. Insyallah YBS siap mensukseskan DPR Bergerak.

Menurut Direktur Utama YBS, M. Fahrurrozi menyebutkan program DPR akan diprioritaskna bagi mereka yang membutuhkan, kaum lemah , lansia , yatim dhuafa dan para pekerja kuli, buruh dan pemulung yang kerap kali tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

“Dan khusus kepada para dermawan ada nilai yang sangat berharga untuk kita sama-sama berburu pahala terbaik selama Ramadhan, salah satu inspirasi program DPR ini adalah berdasarakan hadist Rasulullah saw: “Barangsiapa memberi makan (berbuka) yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun”(HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad),”ungkapnya.

Untuk itulah program ini hadir ke ruang publik, memberikan kesempatan bagi seluruh kaum muslimin mengumpulkan dan panen pahala sebanyak mungkin. Sangat luar biasa. Ini merupakan satu dimensi sosial multimanfaat, baik untuk mereka yang membutuhkan ataupun untuk para aghnia (dermawan) yang ikut andil”, imbuhnya.

Maka dari itu, YBS mencanangkan salah satu program baru di bulan Ramadhan ini, yaitu Dapur Pangan Ramadhan (DPR).
Semata-mata untuk berbagi kebahagiaan bersama mereka. Siapa sangka, walau hanya sekadar sekotak makanan tawa bahagia itu muncul dengan ikhlas dari wajah-wajah penuh sabar para penerima manfaat.

Tak hanya untuk menu Ta’jil dan berbuka puasa, program DPR juga akan bergerak mengantarkan menu Sahur bagi mereka penerima manfaat prioritas yang sudah ditentukan. DPR akan bergerak di seluruh kabupaten/kota untuk membagikan santapan berbuka puasa kepada masyarakat, serta akan bergerak di waktu sahur untuk berbagi santapan sahur yang nikmat untuk mereka.

Realitanya, masih ada sebagian saudara kita, masyarakat miskin, yatim, dhuafa terkadang sahur dengan seadanya, serba kekurangan, bahkan ada di antara mereka yang tidak memiliki makanan untuk santap sahur hanya mengandalkan tenaga dari seteguk air minum. Santap sahur dengan makanan yang enak dan bergizi akan membuat semangat serta tenaga yang besar untuk melaksanakan ibadah puasa keesokan harinya.

“Besar harapan kami juga, sesekali Dapur yang ada di rumah kita berfungsi sebagai dapur pangan Ramadhan, minimal satu kali selama bulan Ramadhan yaitu untuk menyiapkan paket menu makanan untuk ta’jil, berbuka dan sahur. Insyallah tim DPR Bergerak siap menjemput dan menyalurkan langsung di hari dan malam yang sama. Tim DPR standby mulai pukul 16:00 hingga menjelang Sahur,” kata dia.

Menurut dia, mekipun hanya beberapa bungkus nasi misalnya, namun bagi mereka yang kekurangan hal itu merupakan karunia yang sangat besar. “Dan kabar gembira bagi para dermawan, Allah akan lipatgandakan setiap amalan. Allah SWT sebaik-baik pembalas,” katanya. (Iba)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *