Tekan angka Lakalantas, Dirlantas Polda NTB gelar ngopi bareng, Tuan Guru Muharrar Iqbal apresiasi

Tekan angka Lakalantas, Dirlantas Polda NTB gelar ngopi bareng, Tuan Guru Muharrar Iqbal apresiasiReviewed by adminon.This Is Article AboutTekan angka Lakalantas, Dirlantas Polda NTB gelar ngopi bareng, Tuan Guru Muharrar Iqbal apresiasiMataram (Detikntbcom),- Direktur Lalu Lintas Polda Nusa Tenggara Barat (Dirlantas Polda NTB) Kombes Pol Noviar, S.I.K bersama jajaran Ditlantas menggelar ngopi bareng (Ngobrol Pintas) bersama puluhan tuan guru dengan tetap memperhatikan protokol Covid-19 pada, Rabu (28/10) siang di Mataram. Ngobrol pintar dengan tajuk Operasi Zebra Rinjani 2020 di massa pandemi Covid-19 2020 ini, Kombes Noviar […]
Dirlantas Polda NTB Kombes Noviar bersama jajaran Ditlantas foto bareng usai menggelar ngopi bareng dengan puluhan tuan guru di salah satu rumah makan di Mataram

Mataram (Detikntbcom),- Direktur Lalu Lintas Polda Nusa Tenggara Barat (Dirlantas Polda NTB) Kombes Pol Noviar, S.I.K bersama jajaran Ditlantas menggelar ngopi bareng (Ngobrol Pintas) bersama puluhan tuan guru dengan tetap memperhatikan protokol Covid-19 pada, Rabu (28/10) siang di Mataram.

Ngobrol pintar dengan tajuk Operasi Zebra Rinjani 2020 di massa pandemi Covid-19 2020 ini, Kombes Noviar menjelaskan bahwa ngopi bareng itu mengajak para kelompok masyarakat, para tokoh agama, tuan guru sebagai panutan di masing-masing pondok pesantren di NTB untuk memberikan pecerahan kepada para murid atau santrinya untuk disiplin berlalu lintas

“Terutama bagaimana peningkatan kesadaran disiplin itu karena diri sendiri bukan karena takut ditilang juga bukan karena polisi, begitu. Insya Allah kalau seluruhnya sadar disiplin berlalu lintas karena untuk keselamatan tanpa polisi harus menilang, kecelakaan berlalu lintas bisa terkendali bisa menurun. Yang meninggal dunia bisa kurang yang luka berat bisa juga bisa berkurang,” jelas Noviar kepada media ini usai menggelar acara ngopi bareng.

Pihaknya mengugkap, jumlah Lakalantas di NTB untuk tahun 2020 menurun dibandingkan dengan tahun 2019 termasuk kecelakaan yang fatalitas, meninggal dunia dan juga yang luka berat. “Semoga penurunan ini karena disiplin tertib berlalu lintas juga yang memang ada pandemic covid-19, ada operasi Yustisi, ada kegiatan operasi Aman Nusa. Ini juga ikut membantu untuk menurunkan dan mengendalikan angka kecelakaan,” ungkapnya.

Mantan Dirlantas Polda Kalimantan Utara ini menambahkan, acara seperti ini akan dilaksanakan berkelanjutan baik di Pulau Lombok maupun di Pulau Sumbawa. Namun untuk sementara masih fokus di Pulau Lombok.

“Iya Insya Allah. Ini kegaiatan rutin. Ini hari kedua, kemarin hari pertama dilaksanakan hal serupa. Di Pulau Sumbawa kita laksanakan bulan berikutnya,” jelasnya.

Sementara, Tuan Guru Huharrar Iqbal Musthofa sangat mengapresiasi acara tersebut. Pihaknya menyambut baik ngopi bareng itu. Dia berharap acara seperti ini bisa berkelanjutan dan ditindaklanjuti sampai ke tingkat desa sebagaimana harapan para peserta ngopi bareng.

“Kenapa, karena memang pelaku pengendara terbanyak itu ada di desa dan mereka tidak memahami aturan-aturan yang berlaku. Sehingga ke depan dengan banyaknya sosialisasi sampai ke tingkat dusun, termasuk melalui majelis-majelis taklim, forum-forum yang dibentuk itu bisa menjadi tambahan pengetahuan dan wawasan sehingga program yang disampaikan oleh polisi merakyat dan dirasakan oleh rakyat kehadirannya. Dan ini sangat luar biasa. Masukan dan kritikan dari para da’i dan tuan guru ini somga menjadi pilot project ke depannya,” harapnya. (Iba)