Sesuai Permenko 8/2020, BNI Bima Keluarkan Sejumlah Kebijakan Bantu Masyarakat

Sesuai Permenko 8/2020, BNI Bima Keluarkan Sejumlah Kebijakan Bantu MasyarakatReviewed by adminon.This Is Article AboutSesuai Permenko 8/2020, BNI Bima Keluarkan Sejumlah Kebijakan Bantu MasyarakatKota Bima (detikntbcom),- Kebijakan Bank Negara Indonesia (BNI) khususnya BNI Kantor Cabang Pimpinan (KCP) Bima dalam menghadapi pendemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) mengeluarkan sejumlah kebijakan mengenai Kredit Usaha Rakyat (KUR) seperti Restrukturisasi Kredit Mikro Musiman. Sejumlah restrukturisasi Kredit Mikro Musiman tersebut sesuai dengan surat edaran Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian (Permenko) nomor 8 tahun 2020 […]
Kepala BNI46 Bima, Muhammad Amir (Dok. Istimewa)

Kota Bima (detikntbcom),- Kebijakan Bank Negara Indonesia (BNI) khususnya BNI Kantor Cabang Pimpinan (KCP) Bima dalam menghadapi pendemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) mengeluarkan sejumlah kebijakan mengenai Kredit Usaha Rakyat (KUR) seperti Restrukturisasi Kredit Mikro Musiman.

Sejumlah restrukturisasi Kredit Mikro Musiman tersebut sesuai dengan surat edaran Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian (Permenko) nomor 8 tahun 2020 yakni penerima KUR terdampak pendemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang dilakukan pemberian restrukturisasi adalah penerima KUR dengan akad kredit sampai dengan 29 Februari 2020 yang masih memiliki Baki Debet KUR dengan kolektibilitas 1 atau kolektibility 2.

“Berdasarkan point 1 di atas, jumlah debitur KUR Mikro BNI Kantor Cabang Bima yang bisa diajukan restrukturisasi adalah sebanyak 1.474 debitur,” jelas Kepala BNI46 Bima, Muhammad Amir, Jumat (22/5).

Selanjutnya jelasnya, skim yang diberikan adalah penundaan jangka waktu dengan rincian bahwa KUR Mikro musiman sapi diberikan penundaan pokok dengan jangka waktu selama 14 bulan atau sampai dengan musim Idul Qurban berikutnya, kemudian KUR Mikro musiman jagung diberikan penundaan pokok dengan jangka waktu selama 12 bulan atau sampai dengan musim tanam berikutnya.

Pencairan Kredit KUR mulai tanggal 1 Maret 2020 sampai dengan saat ini, agar debitur tetap melakukan pembayaran kredit sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang telah tertuang di dalam perjanjian kredit.

“Progrma ini dalam rangka mendongkrak tingkat kesejahteraan rakyat NTB lebih khusunya di kota maupun Kabupaten Bima,” jelasnya. (Iba)