Kenali Ciri Lupus, Penyakit Seribu Wajah Mematikan Menyerang Anda

Kenali Ciri Lupus, Penyakit Seribu Wajah Mematikan Menyerang AndaReviewed by adminon.This Is Article AboutKenali Ciri Lupus, Penyakit Seribu Wajah Mematikan Menyerang AndaMataram (DetikNTB.Com),- Penyakit lupus bisa menyerang siapa saja, baik kalangan tua maupun muda. Penyakit ini termasuk kategori penyakit langka juga dikenal dengan penyakit seribu wajah karena sulit didiagnosa. Siapa saja bisa terkena. Namun penyakit lupus ini biasanya menyerang kaum hawa alias perempuan disebabkan perbedaan hormon. Lupus adalah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Penyakit ini […]
Foto: Ahli penyakit dalam, dr. Rachmat G. Wachyudi, Sp.PD-KR., (laki kiri), bersama penyelenggara Awam Lupus, Yung Aulia Warastiti (perempuan kanan)

Mataram (DetikNTB.Com),- Penyakit lupus bisa menyerang siapa saja, baik kalangan tua maupun muda.

Penyakit ini termasuk kategori penyakit langka juga dikenal dengan penyakit seribu wajah karena sulit didiagnosa. Siapa saja bisa terkena. Namun penyakit lupus ini biasanya menyerang kaum hawa alias perempuan disebabkan perbedaan hormon.

Lupus adalah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Penyakit ini dianggap setara dengan kanker, karena mematikan.

Lupus merupakan penyakit autoimun. Kondisi saat sistem imun atau kekebalan tubuh seseorang kehilangan kemampuan untuk membedakan substansi asing dengan sel jaringan tubuh sendiri.

Kondisi tersebut membuat sistem kekebalan tubuh justru menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh yang sehat, seperti jantung, ginjal, paru-paru, kulit, serta otak.

Kenali ciri-cirinya menurut Dokter ahli penyakit dalam

Penderita lupus, menurut ahli penyakit dalam, dr. Rachmat G. Wachyudi, Sp.PD-KR., usai memberikan materi di seminar Awam Lupus, Sabtu (21/12) di Mataram bersama pemateri lainnya yakni dr. Agustine Mahardika, M.Kes.,Sp.Kj serta Dian Syarif yang digelar oleh Bale Kupu sebuah komunitas Lupus di Lombok yang dikoordinir Yung Aulia Warastiti mempunyai gejala beragam.

Biasanya jelas Rachmat, penderita Lupus bisa datang dengan nyeri sendi, demam, sel darah naik atau turun, bisa juga karena rambutnya rontok berlebihan, sariawan berulang-ulang kali namun tidak sembuh-sembuh.

“Jadi macam-macam. Jadi setiap pasien lupus itu satu sama lain berbeda-beda. Bisa juga masih ada yang merah-merah di kulit nya. Tapi ternyata tidak semuanya kan. Jadi ciri khasnya lupus ini tidak khas. Makanya susah didiagnosa,” terangnya.

Penyakit lupus ini tambahnya, berbagai macam gejala penyakit terhitung sampai 103 macam gejala penyakit. “Ini merupakan penyakit yang menyerang wanita urutan ketiga yang yang paling banyak menimbulkan kematian. Umunya menyerang wanita usia produktif antara 14-45 tahun,” ujarnya. (Iba)