Kadis LHK NTB Akui Program Zero Waste Hebat di Atas Kertas

Kadis LHK NTB Akui Program Zero Waste Hebat di Atas KertasReviewed by adminon.This Is Article AboutKadis LHK NTB Akui Program Zero Waste Hebat di Atas KertasMataram (DetikNTB.Com),- Kritikan dan saran dari anggota DPRD NTB fraksi PKB yakni, Akhdiansyah direspon Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) NTB, Madani Mukarrom. Menurut Madani, diakui salah satu program prioritas Pemerintah Provinsi NTB soal zero waste (sampah menuju nol) hanya hebat di atas kertas ada benarnya, namun program tersebut tengah beroproses menuju perbaikan-perbaikan. “Kami […]
Foto: Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) NTB, Ir. Madani Mukarom, B. Sc.F, M. Si (Ist)

Mataram (DetikNTB.Com),- Kritikan dan saran dari anggota DPRD NTB fraksi PKB yakni, Akhdiansyah direspon Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) NTB, Madani Mukarrom. Menurut Madani, diakui salah satu program prioritas Pemerintah Provinsi NTB soal zero waste (sampah menuju nol) hanya hebat di atas kertas ada benarnya, namun program tersebut tengah beroproses menuju perbaikan-perbaikan.

“Kami sedang berproses dengan waktu kerja baru 10 bulan. Pernyataan (anggota DPRD NTB soal program zero waste hebat di atas kertas) itu ada benarnya, karena kami sedang berproses, karena yang berat adalah merubah mindset masyarakat,” katanya, Senin (25/11) merespon kritikan Guru To’i sapaan akhdiansyah.

Selama 10 bulan tambah Madani, sudah berhasil membuat Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 tahun 2019 tentang pengelolaan sampah dengan sejumlah capaian dalam mensuskeskan NTB Zero Waste antara lain, mengoperasikan tempat pembuangan akhir regional (TPAR) Kebun Kongok, sosialisasi di 250 sekolah dan membangun kesepahaman dengan kabupaten/kota.

Selanjutnya jelas Madani, membentuk 124 bank sampah, menginisiasi terbentuknya 239 bank sampah dikelola Bumdes di Kabupaten Lombok Timur, aksi clean up dengan berbagai komunitas dan hampir setiap hari di berbagai media dibahas dan dicemooh tentang program zero waste.

“Virus zero waste sudah masuk ke berbagai kalangan,” tegasnya.

Sebelumnya, dalam tanggapan fraksi PKB menuding bahwa program zero waste Pemprov NTB hanya hebat di atas kertas saja namun implementasinya banyak bermasalah.

“Pemerintah telah mencanangkan gerakan NTB zero waste atau bebas sampah. namun menurut catatan Fraksi PKB, program tersebut hanyalah hebat diatas kertas saja,” kata anggota DPRD NTB Fraksi PKB, Akhdiansyah, Senin (25/11) siang usai menggelar paripurna di kantor DPRD NTB. (Iba)