IMM NTB Tanyakan Kelanjutan Tersangka Kompol TM Bantu Dorfin Bobol Rutan Polda NTB

IMM NTB Tanyakan Kelanjutan Tersangka Kompol TM Bantu Dorfin Bobol Rutan Polda NTB
Foto: Ketua Bidang Hikmah DPD IMM NTB, Syarif Hidayat

Mataram (DetikNTB.com),- Apakah masih ingat tentang seorang WNA asal Prancis pembobol rutan Polda NTB yang sudah diputus bersalah dan dijatuhi hukuman mati oleh Pengadilan Negeri (PN) Mataram baru-baru ini atas penyelundupan narkoba jenis shabu seberat 2,4 Kg dengan nilai Rp 3,2 miliyar rupiah tahun lalu di Bandara Internasional Lombok (BIL)?.

Namanya adalah Dorfin Felix. Setelah ditangkap, Dorfin ditahan di lantai II Polda NTB. Di lantai II tersebut menurut polisi, dia membobol rutan dengan cara memotong terali besi menggunakan gergaji lalu menggunakan potongan kain yang disambung untuk turun dari lantai II. Atas atensi Polda NTB, dia berhasil diringkus Senen (02/02) malam sekitar pukul 22.00 malam di gunung daerah Pusuk Kecamatan Gunung Sari Lombok Barat.

Upaya kaburnya terpidana mati tersebut tidak terlepas dari peran aktif seorang perwira aktif yakni Kompol TM. TM merupakan pejabat utama pemegang kendali kunci Rutan yakni menjabat sebagai Kasubdit Pengamanan Tahanan (Pamtah) Polda NTB. Menurut hasil penyelidikan, TM sebagai aktor pembobol Rutan.

“Semuanya sudah jelas, semua (hasil) pemeriksaan itu tersangkanya (aktornya) adalah Tuti,” kata Kabid Humas Polda NTB saat itu dijabat Kombes Pol Komang Suartana, Senen (04/02) siang di ruang kerjanya.

BERITA TERKAIT:

Namun, kasus TM tersebut dipertanyakan Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD IMM) NTB.

Ketua Bidang Hikmah DPD IMM NTB, Syarif Hidayat mempertanyakan kelanjutan kasus tersebut. Menurutnya kasus tersebut masih misteri, sebab katanya, sampai sekarang tersangka TM belum ada kepastian hukum bahkan ditangguhkan penahanannya.

Oeh karena itu, Syarif meminta Kapoda NTB yang baru yakni Brigjen Nana Sudjana untuk dibuka kembali kasus tersebut tanpa ada yang ditutupi. “Kami meminta kepada Kapolda NTB yang baru yaitu Nana Sudjana agar kasus tersangka Kompol TM kembali diusut sampai akhir,” pintanya, Senen (03/06) di Kota Mataram.

BACA JUGA:

Sampai sekarang tambahnya, belum ada kejelasan lanjutan terkait status tersangkanya. “Ini persoalan serius, jika tidak diusut tuntas maka akan lahir TM berikutnya yang memainkan hukum di Indonesia ini,” cetusnya.

Sebagai Kapolda baru katanya, aktivis IMM NTB ini berharap kasus tersebut untuk dibuka kembali dan melakukan penyelidikan dalam rangka membersihkan oknum kepolisian yang terindikasi melakukan pelanggaran dalam meloloskan Dorfin Felix.

“Kami berharap segera buka kembali kasus itu, jika tidak maka IMM akan melakukan aksi besar-besaran di Mapolda NTB dalam waktu dekat untuk mendesak Kapolda bersikap arif dan bijaksana, karena kita semua sama di mata hukum,” harapnya. (01)