Detik NTB

Berita Nusa Tenggara Barat

Breaking News Headline Kesehatan

Hebat, kini NTB miliki alat rapid antigen produksi sendiri

Mataram (Detikntbcom),- Nusa Tenggara Barat kini punya kemampuan untuk membuat alat rapid antigen hasil produk sendiri.

Universitas Mataram (Unram) bekerja sama dengan Laboratorium Hepatika mampu membuat alat rapid diberi nama Enram. Sensifitas alat ini mampu mendeteksi covid-19 yang hampir sempurna 91 persen.

“Hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit untuk dapat melihat hasil positif atau negatif Covid-19,” ungkap Prof. Dr. Mulyanto Direktur PT. Hepatica Mataram ditemani Gubernur NTB Zulkieflimanysah dan Rektor Unram Prof Lalu Husni, Kamis (25/2) di Mataram.

Untuk harga katanya, kurang dari Rp 100 ribu. Rencananya bulan Maret Aan diproduksi massal pada bulan Maret 2020 sebanyak 150 ribu. Sementara Pemprov sendiri bakal memesan sekitar 50 ribu.

Gubernur NTB Zulkieflimanysah mengapresiasi tim yang telah bekerja keras dalam menciptakan alat tersebut.

“Ini juga membuktikan industrialisasi di NTB itu tidak hanya mimpi tapi sudah dibuktikan salah satunya dengan terciptanya alat ini yang diproduksi oleh kita sendiri,” ujarnya.

Setelah tercipta alat itu, Bang Zul sapaannya menantang para tim untuk menciptakan anti virus hasil produksi sendiri. Tidak lagi mengandalkan produksi luar negeri.

“Jika tim ini bisa menciptakan anti virus, itu sangat hebat. Namun jika kita punya modal 100 miliar kita bisa produksi sendiri. Bisa kita jual menjadi income bagi NTB,” ujarnya. (Iba)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *